Sabtu 16 Juli 2022, 14:45 WIB

8 Longsor Terjadi di Kota Depok Akibat Hujan Lebat

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
8 Longsor Terjadi di Kota Depok Akibat Hujan Lebat

Dok.Medcom.id
Ilustrasi

 

KOTA Depok Jawa Barat dilanda bencana tanah longor dan banjir Sabtu (16/7). Selain jalan terputus akibat timbunan material. Turap kali dan saluran drainase jalan juga rusak.

Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok Dodi Sadikin, mengatakan dalam semalam ini terjadi 8 titik longsor.

Dua dari 8 titik longsor terjadi di RT 001 RW 13 Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere dan Perumahan Griya Melati Mas Blok L3 RT 002 RW 08 Kelurahan Jatimulia, Kecamatan Cilodong.

Longsor terjadi akibat struktur tanah yang labil ditambah guyuran hujan deras sejak Jumat kemarin.

" Hujan deras yang mengguyur Kota Depok, membuat tebing jalan, turap kali, saluran drainase longsor di 8 titik dini hari tadi. Beruntung, bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa. Artinya, tidak ada korban luka dan meninggal, " katanya Sabtu (16/7).

Menurutnya saat ini tim gabungan dari Dinas PUPR, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok diterjunkan ke lokasi untuk melakukan upaya pembersihan.

Baca juga: Banjir Mulai Surut, BNPB Imbau Warga Jabodetabek Tetap Waspada

"Untuk saluran drainase dan turap kali lagi dipasangi karung tanah supaya air tidak meluap ke badan jalan dan tebing jalan dilakukan pembersihan," ucapnya.

Dodi menyebutkan satu unit alat berat telah tiba di lokasi bencana tebing longsor untuk mempercepat penanganan.

"Pembersihan butuh proses, karena memang ada beberapa lokasi longsor. Kalau untuk pohon tumbang, tadi sudah kami lalukan pembersihan, tinggal material tanah bercampur batu dan tunggak pohon," jelasnya.

Menurutnya, dari proses pembersihan material pepohonan yang tumbang, saat ini akses jalan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Meski demikian harus ekstra hati-hati, karena kondisinya licin dan sempit.

Selain penanganan bencana longsor, tim gabungan juga saat ini bergotong royong membersihkan lumpur banjir di rumah-rumah warga.

" Kita membantu membersihkan lumpur dan menyelamatkan barang-barang berharga, " ucapnya.

Kepala Bidang Operasional DPKP Kota Depok Welman Naipos-pos, mengatakan, bencana tanah longsor terjadi akibat guyuran hujan deras sejak Jumat malam hingga Sabtu (16/7) siang hari. " Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban luka dan meninggal," kata Welman. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengungkapan Kasus Brigadir J Bukti Kapolri Bekerja Objektif

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Polri harus mengusut tuntas kasus pembunuhan yang telah menjerat mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka. Setelah itu Polri...
dok.ant

Kecelakaan Maut di Tol Jagorawi arah Jakarta, 3 Orang Meninggal

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:30 WIB
KECELAKAAN lalu lintas melibatkan mini bus dan truk tangki terjadi di ruas Tol Jagorawi KM 6+800 arah Jakarta pada Selasa (16/8). Tiga...
dok.ist

Di Jaksel Kowarteg Berbagi Makanan Sosialiasasikan Ganjar

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 08:41 WIB
KOLABORASI Warteg Indonesia (Kowarteg) melalui aksinya berbagi paket makanan dan alat dapur di beberapa titik di Jakarta Selatan sembari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya