Rabu 25 Mei 2022, 17:32 WIB

Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan Mulai 6 Juni

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan Mulai 6 Juni

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Kendaraan melintas di Jalan Letjen S Parman, Jakarta.

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta bakal memperluas penerapan pembatasan lalu lintas kendaraan pribadi dengan plat ganjil genap mulai 6 Juni mendatang. Semula, ganjil genap barlaku di 13 ruas jalan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, mulai 6 Juni ganjil genap bakal berlaku di 25 ruas jalan. Kebijakan ini sebelumnya telah diterapkan pada 2019 lalu sebelum pandemi covid-19.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa setelah libur lebaran terjadi peningkatan volume lalin hampir merata di seluruh ruas jalan Jakarta. Oleh sebab itu, maka tadi hasil rapat disepakati untuk gage itu akan direaktivasi kembali kepada Pergub nomor 88 tahun 2019 artinya yang saat ini melalui pengaturan pada 13 ruas jalan, ini akan direaktivasi pada 25 ruas jalan," kata Syafrin saat dihubungi, Rabu (25/5).

Baca juga: Kebijakan Ganjil-genap Diperluas, Ini Daftar 25 Jalan di Jakarta

Sebelum kebijakan itu diterapkan, Syafrin menjelaskan, pihaknya bakal melakukan sosialisasi selama sepekan penuh hingga 5 Juni.

"Lebih kurang iya sosialisasi sepekan lebih," terangnya.

Sementara itu, ia mengakui saat ini masih 13 ruas jalan yang diterapkan ganjil genap dan mengakibatkan ruas-ruas jalan alternatif lain mengalami kemacetan. Namun, pada saat 2019 silam ganjil genap diterapkan di 25 ruas jalan, volume lalu lintas turut melandai di ruas-ruas jalan alternatif dan bukan hanya di 25 ruas jalan tersebut.

"Dari hasil analisis di sana, begitu diterapkan secara utuh jaringan pembatasan lalin di 25 ruas pada titik-titik yang saya sebutkan itu volume lalin landai. Memang pergerakan masif dari luar masuk dalam. Jadi dengan diterapkan 25 ruas jalan maka kinerja lalin pada ruas jalan sibuk itu akan kembali turun," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Iqbal

Pembangunan Jalan Layang Cisauk Tangerang Mulai Oktober 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 20:35 WIB
Pelaksanaan pembangunan jalan layang di perlintasan sebidang Kecamatan Cisauk ini ditujukan sebagai penanganan masalah kemacetan di wilayah...
dok.ist

Pengmas UI Optimalkan Potensi Pulau Untung Jawa dengan Digitalisasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:15 WIB
PENGABDIAN masyarakat (pengmas) oleh Dosen dan civitas akademika SKSG UI dilaksanakan di Kantor Lurah Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu,...
Dok. Kejati DKI Jakarta

Kejati DKI Gelar Bakti Sosial di Lapas Kelas IIA Salemba

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 28 September 2022, 18:06 WIB
jajaran Kejati DKI memberikan bantuan berupa baju koko, 50 seragam pramuka, perlengkapan mandi untuk 2.033 orang, obat-obatan, serta lilin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya