Kamis 07 April 2022, 14:31 WIB

Soal Kewajiban Siswa Berbaju Muslim, Disdik DKI: Kesalahan Redaksional

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Soal Kewajiban Siswa Berbaju Muslim, Disdik DKI: Kesalahan Redaksional

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi siswa sekolah mengenakan baju muslim

 

BEREDAR di aplikasi percakapan, sebuah surat edaran SD Negeri 02 Cikini, Jakarta Pusat, yang berisi soal aturan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% selama Ramadan. Melalui surat tersebut, pihak sekolah mewajibkan seluruh siswa-siswi agar menggunakan baju muslim selama Ramadan.

Hal ini pun telah diklarifikasi oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kasubbag Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja menegaskan kalimat yang ada di dalam surat tersebut memiliki kesalahan redaksional.

"Sudah diklarifikasi. Jadi sebenarnya kemarin kepala sekolah sudah dipanggil dan mengakui kesalahan serta sudah mengubah surat," kata Taga saat dikonfirmasi, Kamis (7/4).

Baca juga: Pandemi Covid-19 Mereda, Produk Fashion Muslim Tanah Air Menatap Dunia

Menurut dia, setiap tahun, sekolah-sekolah di DKI membuat edaran terkait perubahan jam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah selama Ramadan. Dalam surat tersebut juga ada beberapa sekolah yang mewajibkan pemakaian baju muslim namun hanya bagi siswa-siswi yang beragam Islam.

Di sinilah letak kesalahan redaksional yang dimaksud. Kepala sekolah bermaksud menuliskan kewajiban tersebut hanya bagi siswa-siswi yang beragam Islam.

"Tadinya (begitu). Awalnya mau menulis selama Ramadan yang beragama muslim berpakaian baju muslim. Menurut saya, ada itikad baik, perbaikan klarifikasi gitu," imbuhnya.

Ia pun membenarkan surat itu sudah terlanjur beredar. Namun, karena ada keluhan dari orangtua atau wali murid, kepala sekolah pun lekas menyadari kesalahan redaksional tersebut dan segera melakukan perbaikan surat.

Ia meminta masyarakat tidak berspekulasi lebih jauh soal kesalahan surat tersebut.

"Nggak ada niat apa-apa. Semoga masyarakat jangan terlalu jauh berpikirnya. Itu nggak ada niat apa-apa, nggak ada. Memang ketidaktahuan sekolahnya," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Pameran Mommy N Me di JCC, Senayan, Telah Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 21:42 WIB
pada Jumat (1/7), pameran Mommy N Me resmi dibuka. Mommy N Me siap menjadi tempat seru untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus...
DOK.MI

Pelaku Jambret di SPBU Tomang Ditangkap Polisi

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 01 Juli 2022, 19:50 WIB
Pelaku baru satu kali ini melakukan aksi penjambretan. Pelaku juga dipastikan tidak dalam pengaruh minuman keras atau...
ANTARA FOTO/Fauzan

Holywings Dituntut Rp35,5 Triliun oleh Pemuda Islam - Kristen

👤Christian 🕔Jumat 01 Juli 2022, 19:33 WIB
PT Aneka Bintang Gading yang menaungkan operasional Holywings digugat Rp 35.5 Triliun oleh organisasi kepemudaan Islam dan Kristen Aliansi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya