Senin 28 Maret 2022, 15:53 WIB

Pemprov DKI Bakal Cegah dan Halau PMKS Masuk Jakarta Selama Ramadan

Mediaindonesia | Megapolitan
Pemprov DKI Bakal Cegah dan Halau PMKS Masuk Jakarta Selama Ramadan

MI/ANDRI WIDIYANTO
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sedang duduk di Kawasan Kuningan, Jakarta.

 

PEMPROV DKI Jakarta bakal melakukan antisipasi untuk menghalau pengemis musiman atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang kerap mendatangi Ibukota saat Ramadan.

Tak dapat dipungkiri, Jakarta masih menjadi magnet bagi para warga dari luar kota untuk mengais rezeki dari kedermawanan warga selama Ramadan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan seperti tahun-tahun sebelumnya, petugas dari Dinas Sosial dan Suku Dinas Sosial di lima wilayah kota administrasi bakal bersiaga untuk mengahalau para PMKS musiman tersebut.

"Ya memang itu betul sekali, jadi biasanya jelang musim atau bulan suci Ramadan diikuti dengan peningkatan ya, mohon maaf, yang minta-minta bantuan khsusunya di jalan-jalan pengemis dan sebagainya," ungkap Ariza di Balai Kota, Senin (28/3).

Tidak hanya petugas Dinas Sosial, petugas Satpol PP juga akan diikutsertakan untuk melakukan penertiban terhadap PMKS tersebut.

Dihubungi terpisah, Kepala Sudinsos Jakarta Barat, Suprapto, mengatakan tempat-tempat rawan yang kerap didatangi dan diramaikan oleh kehadiran PMKS adalah masjid-masjid.

Baca juga: Polisi Bekuk Suami yang Jual Istri ke Pria Hidung Belang

"Iya kalau di Jakarta Barat itu yang banyak itu di masjid-masjid. Mereka ramai minta sedekah di sana," kata Suprapto.

Para PMKS musiman di wilayah Jakbar umumnya berasal dari wilayah Tangerang dan sekitarnya. Jika tertangkap petugas, para PMKS musiman akan diminta segera pulang ke daerah asalnya. Namun, jika berkali-kali terkena razia petugas, pihaknya tak segan memberikan teguran yang lebih keras.

"Kalau sudah berkali-kali nanti ada surat pernyataan yang harus ditandatangani bahwa yang bersangkutan tak akan datang menjadi PMKS di Jakarta lagi," tegasnya.

Ia pun secara khusus akan menempatkan petugas untuk berkeliling tidak hanya ke jalan-jalan raya tetapi juga ke masjid-masjid besar di Jakbar guna menghalau PMKS musiman. Hal ini dilakukan guna menjamin ketenangan warga dalam beribadah selama Ramadan. (OL-4)

Baca Juga

IG @kasusiphonesikembar

‘Si Kembar' Pelaku Penipuan PO iPhone Ditetapkan Tersangka

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 09 Juni 2023, 23:22 WIB
POLDA Metro Jaya menetapkan pelaku penipuan jual beli iPhone dengan kerugian Rp35 miliar, Rihana dan Rihani sebagai...
Dok. Medcom

Bentuk Timsus, Polda Metro Jaya Ambil Alih Kasus Si Kembar

👤Siti Fauziah Alpitasari 🕔Jumat 09 Juni 2023, 23:14 WIB
POLDA Metro Jaya mengambil alih kasus penipuan jual beli iPhone dengan kerugian Rp35 miliar yang dilakukan oleh si kembar Rihana dan...
Dok. MI

Polda Metro Jaya Ringkus 2 Wanita Sindikat TPPO

👤Siti Fauziah Alpitasari 🕔Jumat 09 Juni 2023, 21:51 WIB
Tersangka pertama HCI berhasil diringkus di Jalan Persahabatan A1, Nomor 88, RT 10, RW 8, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya