Jumat 20 Agustus 2021, 15:07 WIB

Pemprov DKI Jakarta "Nyerah" Kejar Target Rumah DP Rp0

Selamat Saragih | Megapolitan
Pemprov DKI Jakarta "Nyerah" Kejar Target Rumah DP Rp0

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Rumah susun sederhana milik (Rusunami) Klapa Village yang merupakan hunian dengan program DP (uang muka) Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta.

 

KEPALA Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko, mengakui program pembangunan rumah susun DP Rp0 sulit untuk dikejar.

"Kalau untuk pembangunan baru mengejar tahun 2022 memang relatif sulit," keluh Sarjoko saat dihubungi melalui telepon, di Jakarta, Jumat (20/8).

Sarjoko mengatakan, Pemprov DKI Jakarta saat ini mengandalkan pembangunan tower baru untuk program DP Rp0 dari BUMD Pembangunan Sarana Jaya.

Saat ini baru ada sebanyak 942 unit rumah DP Rp0 yang sudah tersedia di tiga tempat yang berbeda yaitu di Nuansa Pondok Kelapa sebanyak 780 unit, Perumnas Bandar Kemayoran 38 Unit, dan Perumnas Sentraland Cengkareng jumlahnya 124 unit.

Adapun target yang ditentukan pada revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta sebanyak 29.366 unit. Itu pun merupakan RPJMD yang masih berupa usulan revisi yang saat ini masih dibahas di DPRD DKK Jakarta.

Jika dibandingkan dengan RPJMD sebelum revisi, target pembangunan rumah DP Rp0 lebih jauh lagi. Karena janji Anies saat dilantik menargetkan pembangunan sedikitnya 250.000 unit rumah DP Rp0.

Baca juga: PDIP Kritik Anies soal Kelanjutan Rumah DP Rp0

Target pembangunan rumah DP Rp0 kini dipangkas 95,5 persen. Alasan Pemprov DKI berdalih akibat pandemi Covid-19.

Sarjoko menambahkan, Pemprov DKI saat ini tidak menargetkan secara khusus pembangunan rumah DP Rp0 pada sisa masa jabatan Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Dia menyebutkan, saat ini Pemprov DKI lebih mengedepankan bentuk kemitraan dengan swasta yang sudah tersedia dan memiliki unit-unit perumahan.

"Jadi sekarang ini kita identifikasi swasta-swasta mana yang punya unit yang istilahnya belum bisa terjual dan unit speknya memenuhi kriteria pasar DP0. Nanti kita coba akan kerjasamakan dengan skema pembiayaan DP 0," kata Sarjoko

Sedangkan untuk pembangunan unit baru, Sarjoko mengakui Pemprov DKI Jakarta saat ini berharap pada beberapa pembangunan yang sedang berlangsung. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kamaruddin Sebut Dendam Motif Pembunuhan Brigadir J

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:16 WIB
Kuasa hukum mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berani membuka otak pelaku penembakan Brigadir...
dok.ist

Komunitas Ojol Jakarta Utara Gaungkan Ganjar Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:09 WIB
KOLABORASI Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia kembali blusukan ke kalangan masyarakat kebanyakan di Jakarta Utara. Kali ini, ke komunitas...
Dok. Diskominfo kota Medan

Kahiyang Ayu Pimpin TP PKK Kota Medan Kunjungi Kota Tangsel

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:08 WIB
Kunjungan TP PKK Kota Medan yang diketuai Kahiyang Ayu diterima Wali Kota Benyamin Davnie, bersama Ketua TP PKK Kota Tangsel Tini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya