Rabu 28 Juli 2021, 18:49 WIB

Pemprov DKI Izinkan Akad Nikah di Hotel saat PPKM Level 4. Ini Syaratnya

Selamat Saragih | Megapolitan
Pemprov DKI Izinkan Akad Nikah di Hotel saat PPKM Level 4. Ini Syaratnya

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini mengizinkan akad nikah/pemberkatan/upacara pernikahan di hotel atau gedung pertemuan selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 sampai 2 Agustus 2021. Namun, kegiatan akad nikah tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ekstra ketat. Bahkan semua keluarga dan tamu serta petugas harus sudah divaksin.

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta No 495/2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 Covid-19 pada Sektor Usaha Pariwisata. Keputusan ini ditandatangani Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, pada 26 Juli 2021.

“Akad nikah/pemberkatan/upacara pernikahan di hotel dan gedung pertemuan yang sudah memiliki izin penyelenggaraan, seluruh keluarga/tamu dan petugas diwajibkan sudah melakukan vaksinasi, dibuktikan dengan sertifikat vaksin,” ujar Gumilar dalam keputusan tersebut.

Selain harus sudah divaksin, lanjutnya, kapasitas maksimal pengunjung yang hadir dalam akad nikah tersebut hanya 20 persen dari kapasitas ruangan dan tidak boleh lebih dari 30 orang dengan menerapkan prokes secara ketat. Kemudian, tidak diizinkan makan di tempat, penyediaan makanan hanya diperbolehkan di tempat tertutup untuk dibawa pulang. “Resepsi pernikahan di hotel atua gedung pertemuan ditiadakan sementara,” jelasnya.

Kegiatan usaha lain yang diizinkan beroperasi selama PPKM level 4 di Jakarta adalah salon/barbershop yang berada pada lokasi sendiri, bukan yang berada pada mal/pusat perbelanjaan. Aktivitas yang diizinkan hanya melakukan pelayanan/perawatan rambut dengan menerapkan prokes ekstra ketat.

“Karyawan dan pengunjung salon/barbershop diwajibkan sudah melakukan vaksinasi, dibuktikan dengan sertifikat vaksin,” pungkas Gumilar. (OL-8)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Polri Tangkap 19 Penyelundup 62,9 Kg Sabu Jaringan Myanmar 

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:17 WIB
Krisno menjelaskan para tersangka menyelundupkan sabu dengan cara membungkusnya dengan teh hijau. Polisi menduga paket sabu itu diproduksi...
MI/Andri Widiyanto

Kapasitas Angkutan Umum DKI Boleh 100%, Namun KRL Tetap 32%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:58 WIB
KAI Commuter masih menerapkan pembatasan kapasitas 32% untuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo. Serta, menerapkan penyekatan di...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ragunan Mulai Dibuka untuk Umum Sabtu 23 Oktober 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:37 WIB
Pengelola mewajibkan pengunjung yang berkunjung di kebun binatang tersebut mendaftar secara daring (online) satu hari sebelum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya