Rabu 07 Juli 2021, 13:36 WIB

Cek Stasiun, Anies: Masih Banyak Perusahaan Wajibkan Pekerja Masuk

Hilda Julaika | Megapolitan
Cek Stasiun, Anies: Masih Banyak Perusahaan Wajibkan Pekerja Masuk

MI/Andri Widiyanto.
Anies Baswedan (tengah)

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masih banyak perusahaan atau perkantoran yang mewajibkan karyawannya bekerja. Padahal di masa PPKM Darurat perusahaan nonesensial diwajibkan tutup 100%, sementara untuk esensial dibatasi 50%, kecuali untuk sektor kritikal yang boleh beroperasi 100%.

Hal itu merupakan hasil pengamatan Anies di Stasiun Cikini dan Stasiun Gondangdia yang melihat kedatangan para pekerja. Mereka menggunakan transportasi umum untuk pergi bekerja ke kantor hari ini, Rabu (7/7).

"Pak Pangdam, Kapolda, kita sama-sama reviu dan menemukan bahwa masih banyak perusahaan-perusahaan yang mengharuskan pekerjanya masuk. Padahal perusahaan tersebut tak bergerak di bidang kritikal dan esensial. Pekerja pasti mengikuti aturan perusahaan," kata Anies di Stasiun Cikini, Jakarta Pusat.

Oleh karena itu, ia meminta para petinggi perusahaan harus bertanggung jawab melindungi pekerja dan warga Jakarta. Karena penutupan dan pembatasan kantor ini bukan hanya aturan melainkan untuk keselamatan dan nyawa warga Jakarta.

"Bukan soal untung rugi, tapi soal nyawa. Karena ini yang kami saksikan tadi masih banyak mereka yang diharuskan masuk. Walaupun bidangnya bukan esensial. Ada perhotelan, penjaga toko, perusahaan perkebunan, pertambangan. Itu semua bukan masuk kategori esensial dan kritikal," ungkapnya.

 

Bila ditemukan pelanggaran di perkantoran, nama perusahaan akan dicatat. Kemudian perusahaan pelanggar tersebut akan didatangi oleh tim dari Pemprov DKI Jakarta untuk diberikan sanksi tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Anies: Kapasitas Kantor Non-Esensial Boleh 50%

👤Ant 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:50 WIB
Untuk perkantoran sektor esensial kapasitas pegawai WFO ditingkatkan dari 50 persen menjadi 75...
Antara

Libur Maulid 2021TMII Dikunjungi 6.932 Wisatawan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:51 WIB
TAMAN Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur dikunjungi sebanyak 6.932 wisatawan saat libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu...
Ist

Anta Ginting Siap Pimpin Kadin Jakarta Timur

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:22 WIB
WAKIL Bendahara Umum BPP Hipmi, Anta Ginting menegaskan siap bersaing dalam pemilihan Ketua Kadin Jakarta Timur periode...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya