Selasa 09 Maret 2021, 18:05 WIB

Bus Listrik Ditarget Operasi Tahun Ini Tapi Belum Dikaji Biayanya

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bus Listrik Ditarget Operasi Tahun Ini Tapi Belum Dikaji Biayanya

MI/Andri W
Uji coba bus listrik PT Trans-Jakarta, ditargetkan bus listrik dapat beroperasi komersial mulai 2021.

 

PT Trans-Jakarta menargetkan bus listrik dapat beroperasi komersial mulai tahun ini. Namun, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut biaya operasional yang akan menentukan dana 'buy the service' Rupiah/km kepada operator hingga saat ini belum dikaji.

Seperti diketahui, PT Trans-Jakarta dalam mengoperasikan armadanya menggunakan skema 'buy the service' yakni menentukan biaya operasional bus yang dioperasikan oleh operator dengan skema Rupiah/km.

Sementara untuk bus listrik karena adalah barang baru dengan bahan bakar baru, pengkajian untuk pembayaran kepada operator masih dikaji.

"Masih dikaji oleh Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa. Nanti kalau sudah ditentukan oleh BPPBJ, operator tinggal memilih melalui e-katalog," kata Syafrin di Balai Kota, Selasa (9/3).

Iapun menargetkan pengkajian dan penetapan biaya tersebut dapat selesai dalam beberapa bulan ini. Terlebih, PT Trans-Jakarta menargetkan sebanyak 30 unit bus listrik dapat beroperasi pada hari ulang tahun Jakarta yang jatuh pada 22 Juni mendatang. "InsyaAllah selesai sebelum itu," tegasnya.

Namun demikian, ia memastikan meski menggunakan bus listrik yang notabene secara harga lebih mahal daripada bus berbahan bakar fosil, Syafrin menegaskan tarif Trans-Jakarta tidak akan naik.

"Selama bus itu digunakan di koridor Trans-Jakarta maka tarifnya tetap Rp3.500," tukasnya. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Operasi Keselamatan Jaya 2021 Imbau Warga Tidak Mudik Lebaran

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 12 April 2021, 11:44 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran meresmikan Operasi Keselamatan Jaya 2021 yang dimulai hari ini, Senin (12/4) hingga dua pekan...
 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Keterisian Tempat Tidur di RSD Covid-19 Wisma Atlet Capai 21,7%

👤Hilda Julaika 🕔Senin 12 April 2021, 10:07 WIB
Saat ini Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran menampung sebanyak 1.305 pasien covid-19. Keterisian tempat tidur di Wisma Atlet...
MI/Andri Widiyanto

Korlantas Lakukan Pencegahan adanya Pemudik Colongan

👤Yakub Pryatama 🕔Senin 12 April 2021, 09:52 WIB
Kegiatan sosialisasi masif kepada masyarakat agar sadar, paham kenapa masyarakat dilarang mudik. Serta kegiatan kepolisian yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya