Minggu 14 Februari 2021, 20:43 WIB

Kejati DKI Jakarta Tangkap Buronan Kasus Penipuan

Candra Yuri Nursalam | Megapolitan
Kejati DKI Jakarta Tangkap Buronan Kasus Penipuan

Ilustrasi
Penipuan

 

KEJAKSAAN  Tinggi DKI Jakarta menangkap buronan kasus penipuan Andrea Dewa Putra. Dia buron hampir 11 tahun.

"Terpidana tersebut ditemukan di rumahnya di Komplek Billy & Moon Blok M-3 Nomor 7 RT 02 RW 10 Jakarta Timur pada tanggal 13 Februari 2021 pukul 14.00 WIB," kata Kepala seksi penerangan hukum Kejati DKI Jakarta Ashari Syam melalui keterangan tertulis, Minggu (14/2).

Ashari menjelaskan kasus ini bermula pada 2005. Saat itu Andrea merupakan konsultan keuangan di PT PDU. Dia menipu korban berinisial RA untuk menjadi investor bursa komoditi di perusahaannya. Andrea juga mengiming-imingi sejumlah bonus, dan keuntungan jika menjadi investor di PT PDU dengan jalurnya.

Setelah RA terhasut, Andrea meminta pembayaran awal. RA mentransfer uang Rp205 juta atas permintaan Andrea.

Baca juga : Polri Masih Pelajari Investigasi Komnas HAM Kasus Laskar FPI

"Namun belakangan diketahui bahwa investasi tersebut ternyata tidak benar sehingga RA meminta kembali uangnya akan tetapi terpidana mengelak dengan mengatakan uangnya sudah habis dan ia tidak lagi bekerja di PT PDU," tutur Ashari.

Atas dasar itulah Andrea dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Penhadilan Tinggi DKI Jakarta melakukan penipuan. Dia dihukum tua tahun penjara dan denda Rp2.500.

Setelah diputus oleh pengadilan, Andrea sempat mengajukan kasasi di Mahkamah Agung (MA) pada 2011. Namun, kasasi itu ditolak.

Sejak 2011 Andrea belum menjalani hukumannya. Usai ditangkap dia langsung dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat untuk menjalani eksekusi hukuman selama dua tahun penjara.  (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Polri Bekuk Mafia Tanah Bermodus Sengketa Lahan

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 21:08 WIB
"Ini akal-akalan mafia bagaimana caranya mereka menguasai semua dengan membuat surat yang palsu bahkan penyidik cek SK 67 yang ada di...
news-medical.net

Lansia di Jakarta Bisa Daftarkan Vaksinasi di Puskesmas Terdekat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 20:55 WIB
Warga lanjut usia (lansia) DKI Jakarta kini sudah bisa mendaftarkan diri untuk menerima vaksin Covid-19 di Puskesmas yang terdekat dengan...
Antara/Reno Esnir

Kapolri sebut Aplikasi SINAR Untuk Hindari Penyelewengan

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 20:43 WIB
Listyo juga menuturkan dengan adanya aplikasi SINAR, aparat nantinya bisa mewujudkan pelayanan kepolisian penegakan hukum yang tegas dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya