Jumat 22 Januari 2021, 09:14 WIB

APDI : Sebagian Pedagang Sapi Jabodetabek Sudah Berjualan Lagi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
APDI : Sebagian Pedagang Sapi Jabodetabek Sudah Berjualan Lagi

MI/ANDRI WIDIYANTO
Suasana area kios daging yang kosong di Pasar Ciracas, Jakarta, Selasa (20/1/2021).

 

SETELAH sempat mogok kerja sejak Rabu (20/1), sebagian pedagang sapi di Jabodetabek sudah berakitvitas kembali hari ini, Jumat  (22/1). Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi.

"Sebagian sudah berjualan. Sudah hampir 50% pedagang beraktivitas lagi," kata Asnawi kepada mediaindonesia.com, Jumat (22/1).

Asnawi memperkirakan seratus lebih pedagang sapi di Jabodetabek akan kembali bekerja mulai hari ini. Dia sendiri mengaku, tempat usahanya bernama Toko Daging Sumber Rejeki yang berada di Pasar Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sudah beroperasi kembali.

"Pagi ini meatshop saya sudah buka seperti biasa. Teman-teman pedagang juga sebagian sudah berdagang," tutur Asnawi.

Seruan untuk bekerja kembali, ungkapnya, ditujukan untuk semua pedagang sapi yang berada di Jabodetabek. Menurut Asnawi, langkah ini usai mendapat kesepakatan dari pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan asosiasi pedagang melalui Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) bahwa harga karkas daging sapi tak lebih dari Rp94 ribu.

baca juga: 105 Pedagang Daging Sapi Mogok Dagang

"Kami telah dapat informasi langsung dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra, bahwa harga timbang karkas di RPH/TPH telah disepakati oleh Ketua Gapuspindo tidak lebih dari Rp. 94 ribu per kilogram setara dengan timbang hidup sapi Rp46 ribu sampai Rp47 ribu," kata Asnawi.

Sebelumnya, Asnawi berujar alasan mogok kerja para pedagang karena meningkatnya harga daging sapi dalam dua bulan terakhir yang mencapai kisaran Rp130 ribu per kilogram (kg). (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Beda Pendapat Anies dan Riza Soal Skateboard Di Trotoar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 13:45 WIB
Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kali ini berbeda pendapat terkait aktivitas skateboar di...
MI/Immanuel Antonius

Petugas Hadang Pemotor yang Ngotot Terobos Jalur TransJakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 12:29 WIB
Beberapa pemotor akhirnya beralih ke jalur biasa. Namun, seorang pemotor tetap ingin menerobos jalur hingga turun dari kendaraannya dan...
MI/Susanto

Rapat dengan Pusat, Wagub DKI Jamin Alur Vaksinasi Semakin Baik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 11:48 WIB
"Sudah diatur. Pendaftaran sudah diatur registrasinya. Kami juga rapat dengan Pak Menkes dan lain-lain. Tadi sudah diatur sedemikian....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya