Senin 14 Desember 2020, 17:27 WIB

Anies Siap Patuhi Putusan MA Soal Reklamasi Pulau G

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Siap Patuhi Putusan MA Soal Reklamasi Pulau G

MI/Ramdani
Foto udara Pulau G hasil reklamasi di Teluk Jakarta.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan dipastikan memenuhi putusan Mahkamah Agung (MA) soal izin reklamasi Pulau G. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Diketahui, MA memutuskan untuk menolak permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Anies Baswedan terkait izin reklamasi Pulau G. Artinya, Anies harus segera memperpanjang izin pulau yang kini bernama Pantai Bersama di bawah PT Muara Wisesa Samudra.

Baca juga: Pengamat: DKI Harus Buat Rencana Tata Ruang Pulau G

“Provinsi DKI Jakarta akan patuh dan taat pada peraturan perundangan dan ketentuan hukum yang mengikat. Jadi, kami akan patuh apapun keputusan dari lembaga negara dan lembaga hukum yang berkekuatan hukum tetap,” ujar Ariza, sapaan akrabnya, Senin (14/12).

Sebelumnya, Anies tidak memberikan izin lanjutan reklamasi Pulau G. Lebih lanjut, Riza menjelaskan bahwa upaya hukum reklamasi Pulau G akan disesuaikan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Apabila dimungkinkan, Pemprov DKI akan melakukan banding. Namun, jika kasasi PK sudah selesai, pihaknya harus mematuhi ketentuan hukum tersebut.

Baca juga: MA Tolak PK Anies, Pulau G Harus Diberi Izin

Ketika reklamasi Pulau G dilanjutkan dengan izin Anies, prosesnya akan disesuaikan dengan Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Tadi Wakil Ketua DPRD DKI sudah jelaskan bahwa semuanya sesuaikan dengan RDTR yang ada. Termasuk pulau-pulau yang direklamasi,” imbuh Ariza.

Saat ditanyakan kembali putusan pemberian izin reklamasi Pulau G, dia hanya merespons bahwa akan mematuhi ketentuan hukum. “Prinsipnya, saya dan Pak Gubernur patuh dan taat pada ketentuan hukum yang berlaku,” tandasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

dok.ist

Kader Senior PAN DKI Hengkang ke Perindo

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 11:00 WIB
KADER senior DPW PAN DKI Jakarta Sugiyanto pindah ke Partai Persatuan Indonesia...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Gerindra Dorong Ahmad Riza Patria Menjadi Cagub DKI

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 06 Juli 2022, 10:18 WIB
"Yang jelas kita ingin Pak Ariza sebagai sekarang di Wagub dan Ketua DPD Gerindra DKI, kita tentu ingin mendorong kader untuk menjadi...
ANTARA/Galih Pradipta

Mahfud: ACT Harus Diproses Hukum jika Terbukti Selewengkan Dana

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 23:55 WIB
Mahfud pun menyampaikan pengalamannya saat memberikan dukungan kepada ACT dan mempromosikan kegiatan organisasi sosial itu demi misi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya