Selasa 24 November 2020, 14:35 WIB

Anies: Covid-19 Kembali Melonjak di Jakarta Karena Libur Panjang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies: Covid-19 Kembali Melonjak di Jakarta Karena Libur Panjang

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Anggota kepolisian dengan mengenakan hazmat menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Petamburan III, Jakarta Pusat

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan kondisi penyebaran virus Corona (Covid-19) di Ibu Kota saat ini. Menurut Anies, kenaikan kasus aktif yang terlihat kembali salah satunya disebabkan oleh long weekend atau libur panjang Oktober lalu.

Seperti diketahui, pada 28 Oktober hingga 1 November lalu menjadi libur panjang akhir pekan yang dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke berbagai daerah.

Sebelumnya, kekhawatiran akan kenaikan kasus pada libur panjang ini sudah lama diutarakan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Sebab, kenaikan kasus akibat libur panjang sudah pernah terjadi di Jakarta pada saat terjadi libur panjang pada Agustus.

Baca juga: Butuh Political Will Pemprov DKI Tegakkan Sanksi Penolak Tes Swab

Kasus naik pesat pada awal September atau sepekan setelahnya. Hal itulah yang menyebabkan Pemprov DKI menarik rem darurat dan memberlakukan PSBB ketat jilid 2 pada 14 September hingga 27 September lalu.

"Ketika mulai 1-12 September dalam waktu yang amat singkat terjadi lonjakan active case, itu naik 49% dalam 12 hari. Lalu kontribusi kematian dalam 6 bulan itu mengkontribusi 17% kematian, dan dalam 12 hari itu kontribusi 25% kasus. bayangkan hanya 12 hari, dibandingkan 6 bulan, kontribusi kasusnya itu 25%. Jadi kenapa kita harus melakukan emergency break, itu situasinya memang berbahaya," ungkap Anies dalam webinar Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Sosial dan Ekonomi, Selasa (24/11).

Setelah PSBB ketat jilid 2 diberlakukan lagi, menurutnya kasus aktif Corona berhasil turun kembali. Namun, ketika ada long weekend di akhir Oktober 2020, kasus baru pun naik secara signifikan.

"Kalau melihat sekarang alhamdulillah we did it, drop kemudian turun ke bawah. Tapi ketika mulai turun, tahu-tahu ada long weekend yang kita tetap melaksanakan, konsekuensinya kita mulai lihat kenaikan lagi," jelas mantan rektor Universitas Paramadina itu.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Awal 2021, Klaster Keluarga Jadi Sumber Penularan Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:40 WIB
Sementara itu, untuk klaster perkantoran justru menurun hanya 2,7%. Data ini dihimpun selama sepekan penyelenggaraan PPKM yakni, 11-17...
MI/Andri W

Transjakarta Sediakan Feeder Khusus Rute Harmoni – Pasar Baru

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:22 WIB
TRANSJAKARTA menyediakan feeder atau bus pengumpan khusus untuk rute Harmoni – Pasar Baru. Layanan tersebut resmi beroperasi mulai...
Antara

Urus Tilang di Kota Tangerang Cukup Dari Rumah

👤Sumantri 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:15 WIB
MASYARAKAT yang kena tilang di Kota Tangerang cukup menunggu di rumah untuk menyelesaikan administrasinya. Jika mengurus ke Kejaksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya