Selasa 25 Agustus 2020, 15:05 WIB

Langgar PSBB, Warung Makan Hingga Kafe Langsung Tutup

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Langgar PSBB, Warung Makan Hingga Kafe Langsung Tutup

Antara
Penertiban warung makan langgar PSBB

 

PEMILIK maupun pengelola warung makan, restoran, hingga kafe agar menaati peraturan protokol kesehatan.

Sebabnya, tegas Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, jika nanti dalam patroli atau pengawasan yang dilakukan, Satpol PP menemukan ada pelanggaran, pihaknya tak segan langsung menutup rumah makan tersebut.

Aturan ini tercantum dalam Peraturan Gubernur No 79 tahun 2020 dalam pasal 12 ayat 4 berbunyi 'Pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab warung makan, rumah makan, kafe, atau restoran yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenakan sanksi administratif berupa penutupan sementara warung makan, rumah makan, kafe, atau restoran paling lama 1 x 24 jam'.

"Jadi dalam pergub ini yang menarik adalah jika Satpol PP menemukan ada pelanggaran, entah itu pegawainya tidak menggunakan masker, tidak ada hand sanitizer atau pengunjungnya lebih dari 50%, maka kami dapat langsung menutup saat itu juga," kata Arifin saat dihubungi mediaindonesia.com, Selasa (25/8).

Baca juga : Tak Pakai Masker, Kendaraan Pribadi juga Kena Sanksi

Pengelola dan pemilik warung makan pun diminta taat untuk melakukan protokol kesehatan.

Jika baru melanggar satu kali, pemilik warung makan bisa didenda Rp5juta sampai dengan Rp25 juta.

Namun, jika sudah melanggar berulang kali, sanksi denda progresif menanti seperti yang tertera pada Pergub 79 tahun 2020 pasal 12 ayat 6.

Untuk yang mengulangi pelanggaran sebanyak satu kali akan didenda Rp50 juta. Sementara untuk yang mengulangi pelanggaran sebanyak dua kali akan didenda Rp100 juta dan bagi yang mengulangi pelanggaran lebih dari itu akan dikenakan denda Rp150 juta.

"Jadi tolong kepada pemilik warung makan, kafe, restoran agar benar-benar ini ditaati. Kita bisa langsung menutup. Tidak ada lagi teguran-teguran," ujarnya.(OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbarr

'Positivity Rate' di Jakarta Di Bawah 1%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:34 WIB
Total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 841.592 dengan tingkat kesembuhan 98,2%, dan total 13.500 orang meninggal dunia dengan tingkat...
MI/Ramdani

Amankan PON XX Papua, Polda Kalteng Kirim Dua Kompi Pasukan Brimob

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:33 WIB
Diharapkan dengan bekal latihan yang sudah dilakukan dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan, seluruh personel pengamanan dapat...
MI/Galih Pradipta

Anggaran Habis, Perbaikan Gedung Sekolah Rusak di Depok Ditunda

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:22 WIB
Dinas Pendidikan Depok telah mengajukan rehabilitasi gedung sekolah yang rusak kepada Wali Kota melalui Dinas Perumahan dan Permukiman...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya