Sabtu 25 Juli 2020, 22:12 WIB

Peraih Emas SEA Games Ditahan Polisi, Kemenpora: Itu Hak Aparat!

Deden Muhamad Rojani | Megapolitan
Peraih Emas SEA Games Ditahan Polisi, Kemenpora: Itu Hak Aparat!

Antara
Ilustrasi

 

PERAIH medali emas penentu kontingen Indonesia untuk gelar juara umum SEA Games 1991 Maria Lawalata ditahan di Polres Jakarta Utara karena terlilit hutang. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengatakan, pihaknya menghormati proses hukum.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto menyebut, pihaknya telah membantu dengan melayangkan surat permohonan deskresi. Akan tetapi, kata Gatot, untuk urusan melepaskan Maria dari tahanan polisi pihaknya tidak berwenang.

Baca juga:Peraih Emas SEA Games 1991 Ditahan Polisi

“(Surat pemohonan deskresi) semoga dapat menjadi pertimbangan yang meringankan, tetap kami juga menghormati proses hukumnya,” tutur Gatot saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Menurut dia, Kemenpora telah mengeluarkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kapolres Jakarta Utara untuk memohon bantuan berupa deskresi untuk Kasus Maria Lawalata. “Itu hak aparat penegak hukum," imbuhnya.

Masalah hutang piutang tersebut bermula saat Maria Lawalata kenal dengan Benny Iskandar saat mengikuti seminar sepak bola. Saat itu, Maria bercerita tentang sepak bola yang akan dipadukan dengan atletik.

Maria yang memiliki sekolah sepak bola (SSB) Big Stars mengalami kesulitan dana dan mencoba meminjam uang kepada Benny Iskandar. Pinjaman sebesar Rp150 juta disanggupi Benny tanpa ada perjanjian apapun.

Baca juga:Ayah Yodi Tuding Kesimpulan Polisi Janggal, Ini Kata Dirkrimum

Di sisi lain, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Komisaris Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, berkas kasus mantan atlet Maria Lawalata sudah dinyatakan lengkap oleh pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Maria telah ditahan di Polres Jakarta Utara sejak 8 Juni 2020.

"Senin (27/7) masuk tahap dua. Perkaranya adalah penipuan dan penggelapan," kata Wirdhanto Hadicaksono dihubungi di Jakarta, Sabtu. (Dmr/Ant/A-3)

Baca Juga

Antara/Fauzan.

Banjir Rob kembali Landa Kosambi dan Teluknaga Tangerang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 16:26 WIB
Meski wilayah permukimannya terpendam banjir rob, warga setempat masih bertahan dengan kondisi...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kecelakaan Beruntun, Transjakarta Belum Putus Kontrak dengan Operator Bus

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:50 WIB
Direktur Utama Transjakarta Mochamad Yana Aditya menyatakan pihaknya belum memutus kontrak operator bus...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Kecelakaan Berulang, Transjakarta Sebut Sudah Beri Gaji Sopir Sesuai Kontrak

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:49 WIB
Direktur Utama Transjakarta Mochammad Yana Aditya menyatakan pihaknya telah memberikan gaji atau upah bulanan terhadap sopir sesuai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya