Selasa 21 Juli 2020, 11:32 WIB

Satpol PP DKI Beri Target Penindakan agar Petugas Rajin Mengawasi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Satpol PP DKI Beri Target Penindakan agar Petugas Rajin Mengawasi

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas Satpol PP menegur warga yang tidak menggunakan masker saat berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB)

 

KEPALA Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengakui memberi target penindakan kepada para petugas yang melakukan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan.

Hal itu tentu bukan dimaksudkan bahwa pemerintah mencari-cari kesalahan dan keuntungan denda dari warga yang melanggar aturan PSBB.

Arifin menjelaskan, pemberian target ditujukan agar seluruh petugas memiliki motivasi yang sama dan kuat untuk menjalankan pengawasan dan penindakan.

"Jadi bukan cari kesalahan orang. Orang tidak pakai masker kan tidak susah dicari. Sekali lagi bukan tujuannya ke sana. Kita memberikan satu semangat kepada seluruh anggota kita, karena (khawatir) ada yang merasa lebih rajin, terus yang lainnya tidak ngapa-ngapain. Berikan motivasi dengan target terukur," kata Arifin di Balai Kota, Senin (20/7).

Baca juga: Ini Serius, Masker Cuma di Leher Sanksi Denda Menanti

Ia khawatir jika tak diberi target, tidak seluruh petugas akan rajin mengawasi warga. Target itu, imbuh Arifin, lebih cenderung menjadi pedoman bagi para petugas dalam melakukan pengawasan aturan PSBB.

"Begini, target itu adalah pedoman, panduan. Kalau kita tidak punya target, anda kerja semaunya aja. Anda ada lima, petugas ini (menindak) satu, petugas ini (menindak) dua, petugas ini dapat seratus. Kalau tidak diberikan target, tiap orang nggak punya sasaran," jelasnya.

Arifin menyebut sejak masa PSBB Transisi pada 5 Juni hingga 19 Juli pihaknya sudah menindak lebih dari 28 ribu warga karena tidak memakai masker. Jumlah denda yang didapat mencapai Rp379.910.000. Lalu sudah ada denda yang dikumpulkan dari berbagai tempat usaha sektor pariwisata yang melanggar PSBB yakni Rp156.500.000.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

GPFI-Bais TNI-IDI Gelar Program Serbuan Vaksinasi untuk Warga Jakarta

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:36 WIB
Ditargetkan, program yang menyasar warga DKI Jakarta itu bisa mencapai 500-1.000 orang yang divaksinasi setiap...
Antara/Aditya Pradana Putra

6 Stasiun  KRL ini akan Selenggaran Tes Antigen Acak pada Penumpang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 20:30 WIB
Tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik...
Dok.Apical Group

Peduli Kesehatan Masyarakat, Apical Bagikan Sembako

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:20 WIB
Sebagai upaya mendukung kesehatan masyarakat di sekitar pabrik operasinya, mereka membagikan sembako bagi masyarakat di sekitar lingkungan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya