Selasa 21 Juli 2020, 11:32 WIB

Satpol PP DKI Beri Target Penindakan agar Petugas Rajin Mengawasi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Satpol PP DKI Beri Target Penindakan agar Petugas Rajin Mengawasi

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas Satpol PP menegur warga yang tidak menggunakan masker saat berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB)

 

KEPALA Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengakui memberi target penindakan kepada para petugas yang melakukan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan.

Hal itu tentu bukan dimaksudkan bahwa pemerintah mencari-cari kesalahan dan keuntungan denda dari warga yang melanggar aturan PSBB.

Arifin menjelaskan, pemberian target ditujukan agar seluruh petugas memiliki motivasi yang sama dan kuat untuk menjalankan pengawasan dan penindakan.

"Jadi bukan cari kesalahan orang. Orang tidak pakai masker kan tidak susah dicari. Sekali lagi bukan tujuannya ke sana. Kita memberikan satu semangat kepada seluruh anggota kita, karena (khawatir) ada yang merasa lebih rajin, terus yang lainnya tidak ngapa-ngapain. Berikan motivasi dengan target terukur," kata Arifin di Balai Kota, Senin (20/7).

Baca juga: Ini Serius, Masker Cuma di Leher Sanksi Denda Menanti

Ia khawatir jika tak diberi target, tidak seluruh petugas akan rajin mengawasi warga. Target itu, imbuh Arifin, lebih cenderung menjadi pedoman bagi para petugas dalam melakukan pengawasan aturan PSBB.

"Begini, target itu adalah pedoman, panduan. Kalau kita tidak punya target, anda kerja semaunya aja. Anda ada lima, petugas ini (menindak) satu, petugas ini (menindak) dua, petugas ini dapat seratus. Kalau tidak diberikan target, tiap orang nggak punya sasaran," jelasnya.

Arifin menyebut sejak masa PSBB Transisi pada 5 Juni hingga 19 Juli pihaknya sudah menindak lebih dari 28 ribu warga karena tidak memakai masker. Jumlah denda yang didapat mencapai Rp379.910.000. Lalu sudah ada denda yang dikumpulkan dari berbagai tempat usaha sektor pariwisata yang melanggar PSBB yakni Rp156.500.000.(OL-5)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Ragam Teknologi Pengolahan Sampah Siap Perkuat ITF Sarana Jaya

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 22:15 WIB
BERAGAM teknologi pengolahan sampah akan diterapkan secara tepat guna dan ramah lingkungan dengan cara perubahan bentuk, komposisi,...
MI/Andri Widiyanto.

Pemkot Jakarta Pusat Audit Sumur Resapan di 400 Perkantoran

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:36 WIB
Pemkot Jakarta Pusat telah membentuk tiga tim untuk mengecek pembangunan sumur resapan perkantoran yang berada di tiga...
Antara/Muhamamd Iqbal

Begini Cara Kerja Desk Collection Pinjol Ilegal menjalankan Aksinya 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:19 WIB
Helmy menjelaskan bahwa cara kerja tersangka yang biasa disebut desk collection ini biasanya mengirimkan SMS secara terus-menerus hingga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya