Senin 20 Juli 2020, 14:57 WIB

Ini Serius, Masker Cuma di Leher Sanksi Denda Menanti

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ini Serius, Masker Cuma di Leher Sanksi Denda Menanti

MI/Lilik Darmawan
Sidang virtual tersangka tidak kenakan masker

 

BAGI warga yang membawa masker tapi tidak dikenakan tetap akan disanksi tegas sesuai Pergub No 41 tahun 2020 yakni sebesar Rp250ribu atau kerja sosial membersihkan sarana dan prasana umum.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menegaskan akan semakin memperketat pengawasan. Soalnya Satpol PP DKI Jakarta geram atas sikap warga yang makin abai terhadap peraturan PSBB. Jumlah pelanggar aturan PSBB yakni tidak memakai masker melejit hingga 28.759 orang per 19 Juli.

"Iya, kita tingkatkan penegakkan hukum kita. Sekarang kalaupun mereka bawa masker seperti hanya digantung di leher atau di saku juga kita berikan sanksi baik kerja sosial atau denda. Seperti kemarin kita temukan di Pasar Induk Kramat Jati itu banyak pedagang kita temukan nggak pakai masker. Mereka protes karena sebetulnya bawa tapi nggak digunakan. Saya bilang tidak bisa. Masker harus dipakai ke manapun ke luar rumah," kata Arifin saat dihubungi mediaindonesia.com, Senin (20/7).

Baca juga : DPRD Kaitkan Kejenuhan Masyarakat dengan Tingginya Kasus Covid-19

Arifin menyebut ada beberapa faktor yang membuat masyarakat kini semakin abai terhadap aturan PSBB yakni ada rasa jenuh menjalankan protokol kesehatan selama tiga bulan ke belakang yang mana covid-19 mulai merebak. 

"Selain itu ada warga yang menganggap enteng, anggap remeh sehingga kedisiplinan mereka mengendur," jelasnya.

Arifin menyebut masker saat ini seharusnya sudah menjadi bagian dari busana yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan rutin mencuci tangan di manapun dan kapanpun.

"Ya sama saja seperti kita keluar rumah masa bajunya cuma digantung saja di pundak. Harus dipakai dong. Sama juga dengan masker, jangan hanya digantung di leher tapi juga dipakai," tukasnya.(OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Polisi Gerebek Kampung Surga Para Pecandu Narkoba, 18 Orang Positif

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 28 November 2021, 11:12 WIB
SATUAN Narkoba Polres Metro Jakarta Barat kembali menggrebek Kampung Boncos di Kota Bambu Selatan Palmerah Jakarta Barat, Sabtu,...
MI/ Fransisco Carolio Hutama Gani Ilustrasi

Jaksel dan Jaktim Berpotensi Hujan pada Siang dan Sore Hari

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 28 November 2021, 10:49 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, sebagian wilayah DKI Jakarta bakal diguyur hujan, Minggu (28/12) hari...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Banyak Pohon Tumbang Imbas Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Depok

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 27 November 2021, 22:06 WIB
Akibatnya, sebagian pengendara roda empat terpaksa memilih jalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya