Kamis 10 September 2020, 19:43 WIB

Saat Pandemi, Pers Mestinya Menebar Informasi Mencerdaskan

Fachri Audhia Hafiez | Humaniora
Saat Pandemi, Pers Mestinya Menebar Informasi Mencerdaskan

ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Tebet, Jakarta

 

WARTAWAN senior Suryopratomo atau akrab disapa Tommy menilai pers mesti punya peran lebih di tengah pandemi virus korona covid-19. Informasi yang disampaikan harus mampu mencerdaskan masyarakat.

"Bahwa tugas pers itu adalah sebagai pencerah, mengawasi dan mencerdaskan," kata Tommy dalam webinar Media Academy bertajuk 'Jurnalis Bertahan di Tengah Pandemi', Rabu (10/9).

Karya-karya jurnalistik tidak hanya sekadar menyajikan perkembangan terkait virus covid-19. Namun informasi dikemas agar membuat publik paham situasi pandemi.

"Karya yang membuat masyarakat lebih paham dan cerdas pada persoalan yang dihadapi saat ini," ujar Tommy.

Baca juga: Wapres Sebut Jakob Oetama Tokoh Pers Teladan

Tommy mencontohkan informasi seputar pentingnya penggunaan masker. Media massa berperan menyampaikan fungsi serta mengajak masyarakat patuh menggunakan masker.

"Disampaikan kalau dua orang itu yang saling berkomunikasi menggunakan masker maka potensi penularannya bisa dikurangi sampai 90%. Fungsi mencerdaskan ini yang dijalankan oleh pers," kata Tommy.

Anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini mengatakan, media massa dengan berbagai saluran yang ada, sejatinya punya pengaruh besar dengan mengkampanyekan pentingnya protokol kesehatan. Misalnya penggunaan masker oleh presenter berita TV sesaat sebelum dan sesudah menyampaikan informasi.

"Kalau ini kemudian meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi agen perubahan dan media bisa melakukannya, itu sangat luar biasa," ucap mantan Direktur Pemberitaan Metro TV itu. (A-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Transformasi Digital Jokowi Mampu Ciptakan Talenta Muda Unggulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 12:49 WIB
Sekarang sudah waktunya untuk menyiapkan SDM yang bermanfaat bagi negara. Sehingga nantinya Indonesia tidak kalah bersaing dengan...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kasus Covid-19 Naik, Jubir Pemerintah: Terus Jalankan Protokol Kesehatan Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 19 Januari 2022, 12:01 WIB
Pemerintah mencatat terdapat tambahan 1.362 kasus harian covid-19 pada Selasa (18/1). Jumlah tersebut adalah yang tertinggi sejak...
ANTARA FOTO/Fauzan

KSP: Syarat Perjalanan ke Luar Negeri akan Diperketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:09 WIB
Salah satu tantangan dalam melakukan pembatasan ke luar negeri adalah pada saat proses identifikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya