Selasa 17 September 2019, 09:08 WIB

Tunggakan Pajak Kendaraan Mewah Capai Rp48,6 Miliar

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tunggakan Pajak Kendaraan Mewah Capai Rp48,6 Miliar

MI/Arya Manggala
Banyak mobil mewah di Jakarta yang menunggak bayar pajak dan nilainya capai Rp48.6 miliar.

 

NILAI tunggakan pajak kendaraan mewah di DKI Jakarta mencapai Rp48,6 miliar. Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Hayatina mengungkapan nilai tunggakan pajak itu berasal dari 1.461 unit kendaraan mewah di seluruh Jakarta.

Menurut Hayatina, banyak sejumlah kendaraan mewah sebut saja Rolls Royce, Lamborghini, hingga Aston Martin yang tercatat menunggak pajak. Nilainya mencapai ratusan juta hingga miliaran perunitnya.

"Ada nilai tunggakan Rp48,6 miliar. Kami sudah sosialisasikan agar segera membayar dengan ikut program keringanan pajak," kata Hayatina kepada awak media, Senin (16/9).

Jika tidak kunjung membayar, BPRD DKI tidak segan untuk melakukan penagihan pajak door to door ke kediaman pemilik kendaraan mewah tersebut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga bekerja sama dengan kepolisian tepatnya Ditlantas Polda Metro Jaya untuk memberikan sanksi yang lebih berat kepada pemilik kendaraan yang tetap membandel tidak membayar pajak kendaraannya.

"Sanksi sampai pada penghapusan identitas mobil," terangnya.

Sementara itu kemarin BPRD memulai kebijakan keringanan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Untuk PKB, tunggakan tahun pajak sampai dengan 2012 diberikan keringanan pajak hingga 25%. Sementara untuk tahun pajak 2013-2016 diberikan keringanan 50%.

Sementara untuk tunggakan pajak BBNKB sejak 2013-2016 dikenakan pemotongan 50% dari kendaraan kedua hingga seterusnya. Kebijakan ini berlaku sejak kemarin sampai 30 September melalui pembayaran di kantor-kantor unit BPRD di lima wilayah kota DKI Jakarta.(OL-09)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

168 Rumah di Sekitar FO Lenteng Agung Mulai Dicat Warna-warni

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 16:34 WIB
Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca menyampaikan, hari ini pengecatan secara simbolis dilakukan di satu rumah dari ratusan rumah yang nantinya...
MI/ANDRI WIDIYANTO

TPU Pondok Ranggon Penuh, Jasad Covid-19 Ditumpuk

👤Kisar Rajaguguk 🕔Rabu 02 Desember 2020, 16:31 WIB
Penerapan sistem tumpang, terang Marton sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor: 3 Tahun 2007 tentang pemakaman di DKI...
ANTARA/Adi Wirman

Kapolres belum Terima Hasil Usap Rizieq Positif Covid yang Beredar

👤 Dede Susianti 🕔Rabu 02 Desember 2020, 15:37 WIB
Proses penyelidikan dengan agenda pemeriksaan masih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya