Rabu 16 November 2022, 16:42 WIB

Bertemu Xi Jinping, Justin Trudeau Bahas Isu Spionase Tiongkok

Cahya Mulyana | Internasional
Bertemu Xi Jinping, Justin Trudeau Bahas Isu Spionase Tiongkok

AFP
PM Kanada Justin Trudeau saat menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia.

 

PERDANA Menteri Kanada Justin Trudeau mengangkat isu spionase oleh Tiongkok saat berdialog dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela KTT G20, Bali, Indonesia.

Kedua pemimpin negara juga membahas isu lingkungan dan upaya penyelamatan dunia dari dampak perubahan iklim. Pertemuan itu menyusul temuan kepolisian Kanada tentang kasus spionase oleh seorang peneliti baterai di produsen energi terbesar Kanada. 

Adapun pelaku diduga berupaya mencuri data rahasia untuk kepentingan Tiongkok. Pertemuan itu juga terjadi setelah Trudeau berulang kali menuduh Tiongkok berusaha merusak demokrasi Kanada. 

Baca juga: Berakhir Hari Ini, KTT G20 Hasilkan Deklarasi Bersama

Pejabat intelijen Kanada melaporkan kepada parlemen pada Januari lalu, bahwa Tiongkok ikut campur dalam pemilihan federal 2019. “Saya percaya pada laporan yang pejabat intelijen berikan. Saya pikir mereka memberikan laporan itu dengan frustrasi, karena lebih tidak terlalu direspons pemerintah," kata mantan Duta Besar Kanada untuk Tiongkok David Mulroney.

Trudeau dan Xi turut membahas invasi Rusia ke Ukraina, Korea Utara dan pentingnya konferensi keanekaragaman hayati Cop15 pada Desember. Tiongkok dan Kanada akan menjadi tuan rumah bersama dalam upaya untuk melindungi alam dan memerangi perubahan iklim.

Kedua pemimpin bertemu di ruangan yang penuh sesak dan berbicara selama sekitar 10 menit. Itu sangat singkat jika dibandingkan dengan pertemuan tertutup selama tiga setengah jam antara presiden AS, Joe Biden, dan Xi.

Ketegangan antara kedua negara tetap tinggi sejak 2018 ketika Kanada, atas permintaan pejabat AS, menangkap eksekutif Huawei Technologies Meng Wanzhou di bandara Vancouver. Beijing membalas, menangkap dua warga Kanada atas tuduhan mata-mata.

Baca juga: Di Depan AS, Tiongkok Tegaskan Tak Segan Hancurkan Taiwan

Sementara kebuntuan berakhir ketika ketiga orang itu dibebaskan tahun lalu, hubungan keduanya tetap buruk. Ottawa mengumumkan larangan infrastruktur telekomunikasi 5G dari Huawei pada Mei, dengan alasan masalah keamanan nasional.

Awal bulan ini, Menteri Industri Kanada, François-Philippe Champagne, memerintahkan tiga perusahaan Tiongkok untuk melakukan divestasi dari mineral kritis di Kanada. Pada awal November, polisi federal mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki jaringan rahasia kantor polisi ilegal Tiongkok di Toronto.

Trudeau dan Xi terakhir bertemu pada Juni 2019 di sela-sela G20 di Osaka, Jepang. Mereka bertemu tiga kali sebelumnya, sekali pada 2015 di sela-sela G20 di Turki, dan dua kali selama kunjungan resmi ke Beijing pada 2016 dan 2017.(Penjaga/OL-11)

 

 

Baca Juga

FAZRY ISMAIL / POOL / AFP Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Anwar Ibrahim Umumkan 28 Pembantunya untuk Stabilitas Politik

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:56 WIB
Perdana Menteri (PM) ke-10 Malaysia Anwar Ibrahim merangkap jabatan sebagai Menteri Keuangan. Keputusan itu terungkap dari susunan...
AFP

Snowden Senang dapat Paspor Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:49 WIB
Eks mata-mata Amerika Serikat (AS) Edward Snowden telah menerima paspor Rusia setelah bersumpah setia kepada negara barunya itu sejak...
dok.pantau.com

Centris: Pamor Xi Jinping Memudar Demokrasi Mulai Tumbuh di Tiongkok

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 11:10 WIB
UPAYA Xi Jinping kembali membuka diri dan menjalin kembali hubungan dengan beberapa pemimpin negara dunia, untuk menunjukkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya