Rabu 16 November 2022, 14:42 WIB

Berakhir Hari Ini, KTT G20 Hasilkan Deklarasi Bersama

Andhika Prasetyo | Internasional
Berakhir Hari Ini, KTT G20 Hasilkan Deklarasi Bersama

AFP
Sejumlah pemimpin negara G20 menghadiri agenda penanaman mangrove di Bali, Indonesia.

 

SETELAH melalui dua hari persidangan, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dihelat di Hotel Apurva Kempinski, Bali, resmi diakhiri pada Rabu (16/11) ini.

Agenda besar itu ditutup dengan pengesahan Deklarasi Bersama atau Leaders’ Declaration yang diumumkan Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders’ Declaration,” ujar Jokowi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Diplomasi Mangrove ala Jokowi di KTT G20

Diriny pun menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh pemimpin negara dan organisasi yang hadir. Serta, memberikan fleksibilitas sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

Apresiasi juga diberikan kepada seluruh working group dan engagement group atas dedikasi, sumbangan pemikiran dan kontribusi bagi presidensi G20 Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin G20 selama setahun terakhir. Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan solusi terbaik selama setahun penyelenggaraan,” imbuh Jokowi.

Baca juga: Polandia Dirudal, G7 Gelar Pertemuan Darurat di Bali

Selain mengesahkan Deklarasi Bersama, Presidensi Indonesia juga menghasilkan Concrete Deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama antarnegara G20 dan juga undangan.

Proyek tersebut akan membantu membumikan semua hasil kerja G20, sehingga lebih dekat dengan rakyat. “Ini memastikan G20 bermanfaat tidak saja untuk para anggota, tetapi juga bagi dunia dan utamanya negara-negara berkembang. Recover together, recover stronger," tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

AFP

PBB: Warga Sipil Ukraina Hadapi Ujian Bertahan Hidup

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 07 Desember 2022, 19:20 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan, Martin Griffiths, merinci kepada Dewan Keamanan PBB bahwa jumlah kematian yang...
Antara

Indonesia-Selandia Baru Bahas Kerja Sama Jaminan Produk Halal

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:19 WIB
Wamenag berharap, kerja sama jaminan produk halal yang dilakukan dapat memberikan keuntungan bagi dua...
AFP/SPENCER PLATT

Gelombang PHK Menghantui AS

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:30 WIB
Bank of America Corp pun juga mulai memperlambat proses perekrutan. Morgan Stanley saat ini diperkirakan akan mulai memangkas tenaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya