Senin 24 Oktober 2022, 09:25 WIB

Dunia Cemaskan Ukraina Gunakan Bom Kotor

Cahya Mulyana | Internasional
Dunia Cemaskan Ukraina Gunakan Bom Kotor

AFP
Suasana salah satu kota di Ukraina usai dibom Rusia

 

PEMERINTAH Rusia mengkhawatirkan penggunaan bom kotor oleh Ukraina. Istilah ini merujuk pada bahan peledak konvensional yang dicampur dengan radioaktif.

Isu ini juga menjadi perhatian Prancis, Turki dan Inggris. Semuanya meminta Ukraina dan Rusia segera kembali ke meja perundingan damai.

"Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu, berbincang melalu telepon dengan Menhan Prancis, Sebastien Lecornu, Turki, Hulusi Akar serta Inggris, Ben Wallace pada Minggu (23/10). Mereka membahas situasi di Ukraina yang memburuk dengan cepat," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Semuanya memprediksi jika bom itu muncul dapat memantik eskalasi perang yang lebih luas dan tidak terkendali. "Ini cenderung menuju eskalasi lebih lanjut yang tidak terkendali," lanjut pernyataan itu.

Lecornu dalam sebuah pernyataan menegaskan kembali kepada Rusia tentang keinginan Prancis untuk terwujudnya resolusi damai atas konflik di Ukraina.

Pada Jumat (21/10), Shoigu juga menghubungi Menhan, Amerika Serikat Lloyd Austin. Kedua belah pihak telah mengonfirmasi bahwa mereka membahas tentang Ukraina. (Straits Time/OL-13)

Baca Juga: Serangan Udara Rusia Picu Listrik Padam di Wilayah Ukraina

Baca Juga

Presiden Jokowi berjalan menuju panggung untuk melakukan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/1)

Kepemimpinan Indonesia di ASEAN Diyakini Mampu Ciptakan Solusi Positif bagi Dunia

👤Adiyanto 🕔Minggu 29 Januari 2023, 20:38 WIB
ASEAN memiliki misi memastikan kawasannya tetap menjadi titik terang dalam perekonomian...
Antara

RI Siap Ajak Myanmar dalam Forum ASEAN

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:56 WIB
Indonesia akan menggunakan posisi Keketuaan ASEAN untuk membantu Myanmar menyelesaikan ketidakpastian politik dan keluar dari krisis...
GP Canal / AFP

Bus Masuk Jurang di Peru Tewaskan 24 Penumpang

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:49 WIB
Sebuah bus yang membawa 60 penumpang, termasuk warga Haiti yang tidak diketahui jumlahnya, jatuh dari tebing di barat laut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya