Kamis 22 September 2022, 09:30 WIB

Korut Bantah Mengekspor Senjata ke Rusia

Basuki Eka Purnama | Internasional
Korut Bantah Mengekspor Senjata ke Rusia

AFP/KCNA
Sebuah kendaraan pengangkut roket ambil bagian dalam parade militer di Pyongyang, Korut.

 

KOREA Utara (Korut), Rabu (21/9), membantah memasok persenjataan untuk Rusia, beberapa pekan setelah Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa Moskow mendapatkan persenjataan untuk melanjutkan invasi ke Ukraina dari Pyongyang.

"Kami tidak pernah mengekspor senjata maupun amunisi ke Rusia dan tidak berencana melakukannya," tegas seorang pejabat kementerian pertahanan Korut seperti dilansir kantor berita KCNA.

Pernyataan itu dilansir KCNA setelah gedung Putih, awal September ini, mengatakan Rusia membeli persenjataan dan roket dari Korut untuk mendukung invasi mereka ke Ukraina.

Baca juga: Rusia Belanja Jutaan Peluru dan Roket dari Korut

Juru bicara Komisi Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan negaranya meyakini ekspor itu mencakup jutaan peluru, roket, dan senjata artileri lainnya.

Namun, mengutip laporan intelejen AS, Kirby mengakui transaksi itu belum diselesaikan dan tidak ada indikasi senjata Korut digunakan di Ukraina.

Karena, Pyongyang melontarkan serangan balik dengan menyebut Washington dengan sengaja menyebarkan rumor mengenai transaksi senjata antara Rusia dan Korut.

"Kami memperingatkan AS untuk berhenti mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang sembrono dan tidak berdasar," tegas pejabat kementerian pertahanan Krout sembari menegaskan negarnaya memiliki hak jika ingin mengekspor persenjataan mereka.

Adapun Gedung Putih menyebut pembelian senjata dari Korut serta rencana mendatangkan drone dari Iran oleh Rusia menunjukkan Moskow kini dilanda kesulitan akibat sanksi ekonomi dan teknologi yang dijatuhkan negara-negara Barat. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jorge Uzon

Ratu Kecantikan yang Berani Melawan Junta Myanmar Dapat Suaka di Kanada

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 10:45 WIB
Nama Han Lay mulai mencuri perhatian pada Maret 2021 ketika dia meminta dunia untuk menyelamatkan warga Myanmar dari militer yang mengambil...
AFP/Sergei SUPINSKY

Ukraina Minta Dunia Tambah Sanksi untuk Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 September 2022, 10:33 WIB
Zelensky juga meminta NATO untuk mengirim lebih banyak senjata ke garis depan setelah pengumuman hasil referendum yang dimenangkan...
AFP/Jorge Duke

Senator Kolombia Ini Bawa Kuda ke Kantor

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 10:30 WIB
Pekan lalu, Ketua Kongres Kolombia Roy Barreras mengumumkan kebijakan untuk mengizinkan anggota kongres membawa binatang peliharaan ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya