Kamis 14 April 2022, 21:30 WIB

Pasukan Israel Serang Jenin, Tiga Warga Palestina Tewas

Mediaindonesia.com | Internasional
Pasukan Israel Serang Jenin, Tiga Warga Palestina Tewas

AFP/Menahem Kahana.
Petugas kepolisian Israel dari Unit Teror Nasional Patroli Pasar Mahane Yehuda di Jerusalem pada 14 April 2022.

 

TIGA warga Palestina tewas pada Kamis (14/4) ketika pasukan Israel melancarkan serangan baru ke distrik Jenin, Tepi Barat. Ini seminggu setelah seorang pria bersenjata dari sana melakukan penembakan mematikan di Tel Aviv.

Israel mengerahkan pasukan tambahan ke Tepi Barat serta memperkuat tembok dan pagar pembatasnya dengan wilayah itu setelah empat serangan mematikan di negara Yahudi itu merenggut 14 nyawa, kebanyakan dari mereka warga sipil, dalam tiga minggu terakhir. Dalam bentrokan di dekat Jenin pada Kamis pagi, "Dua pemuda meninggal karena luka-luka yang diderita dalam serangan Israel," kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Beberapa jam kemudian, kementerian mengumumkan kematian ayah enam anak Palestina berusia 45 tahun, yang, "Terluka parah oleh peluru Israel," pada Rabu (13/4) di Beita, selatan Nablus. Sumber lokal menyebut pria itu sebagai Fawaz Hamayel.

Tentara Israel mengatakan tentang bentrokan Kamis, hari keenam berturut-turut dari kegiatan kontraterorisme, itu diserang dari kerumunan di Kafr Dan, desa di barat laut Jenin. "Puluhan warga Palestina dengan kejam menyerang tentara, menembak pasukan, dan melemparkan IED (alat peledak improvisasi) ke arah mereka, membahayakan keselamatan mereka," kata militer. "Para prajurit merespons dengan peluru tajam."

Perdana Menteri Naftali Bennett telah memberikan kebebasan kepada pasukan Israel untuk mengalahkan teror di wilayah yang diduduki Israel sejak Perang Enam Hari 1967. Ia memperingatkan bahwa, "Tidak akan ada batasan," untuk kampanye tersebut.

Baca juga: Kisah Jenin Palestina Berbekal M16 dan Telegram Perangi Israel

Sumber-sumber keamanan Palestina menyebut dua orang yang tewas Kamis sebagai Mustafa Abu Al-Rub dan Chas Kamamji sebagai saudara laki-laki anggota Jihad Islam Ayham Kamamji. Ia termasuk di antara enam tahanan yang melarikan diri dari penjara Gilboa dengan keamanan tinggi Israel melalui terowongan pada September sebelum ditangkap kembali. 

Intensitas bakal meningkat

Sebanyak 21 warga Palestina tewas dalam gelombang kekerasan terbaru sejak 22 Maret, termasuk penyerang dalam serangan anti-Israel, menurut penghitungan AFP. Jihad Islam, gerakan Islam bersenjata utama setelah Hamas, memuji kedua pemuda Palestina itu, yang dimakamkan Kamis, sebagai martir heroik.

Pasukan Israel menangkap lebih dari 200 warga Palestina sejak awal April, sekitar setengah dari mereka dalam enam hari terakhir, kata Klub Tahanan Palestina. Fokus utama Israel yakni distrik utara Jenin dan kamp pengungsi kota, benteng kelompok militan termasuk Brigade Martir Al-Aqsa, yang berafiliasi dengan gerakan Fatah, dan kelompok Islam Hamas dan Jihad Islam.

Israel berusaha untuk menangkap kerabat dan pendukung penembak Tel Aviv berusia 28 tahun, Raad Hazem, yang terbunuh setelah amukan senjatanya. Ia dipuji sebagai pahlawan di kampung halamannya di Jenin.

Menteri Keamanan Publik Israel Omer Bar-Lev, berbicara tentang penggerebekan Jenin, mengatakan, "Intensitasnya hanya akan meningkat," dalam komentarnya kepada polisi perbatasan pada Rabu setelah berkeliling di sebagian penghalang keamanan.

"Apa yang saat ini terjadi di Jenin, khususnya kamp pengungsi, luar biasa," katanya. Ia berdebat tentang aktivitas militan bahwa jika, "Anda tidak menghentikannya di sana, itu akan menyebar ke mana-mana."

Baca juga: Pengacara HAM, Dua Remaja Palestina Tewas Dibunuh Tentara Israel

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh pada Rabu menuduh tentara Israel dalam operasi, "Pembunuhan demi pembunuhan tanpa sedikit pun memperhatikan hukum internasional." Kota Ramallah dan Betlehem di Tepi Barat mengumumkan pemogokan umum pada Kamis sebagai protes atas operasi militer yang sedang berlangsung. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP.

Dubes Ukraina Mohon Jakarta Bela Muslim Tatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:45 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin berharap pascakunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dapat dilanjutkan dengan bantuan...
Ist/Tass

Tiongkok Bocorkan Tujuan AS Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:58 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Rusia, Zhang Hanhui, juga menuduh Washington berusaha menghancurkan Moskow lewat konflik...
AFP KCNA VIA KNS

Korut Tuduh Korsel Sebarkan Covid-19 di Negaranya

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:50 WIB
Saudari Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Yo Jong menuduh Korea Selatan (Korsel) menyebarkan Covid-19 di negaranya melalui balon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya