Jumat 18 Maret 2022, 07:32 WIB

Hubungi Xi, Biden Ancam Sanksi Tiongkok jika Bantu Rusia

Cahya Mulyana | Internasional
Hubungi Xi, Biden Ancam Sanksi Tiongkok jika Bantu Rusia

AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Presiden Tiongkok Xi Jinping supaya tidak mendukung Rusia dalam invasinya ke Ukraina. Pesan itu disampaikan langsung Biden kepada Xi melalui pembicara melalui pertemuan virtual, Kamis malam, atau Jumat pagi WIB (18/3).

Kantor berita Tiongkok Xinhua mengungkapkan bahwa hubungan Tiongkok-AS tengah menurun dalam terkait Operasi Militer Khusus Rusia di Ukraina. Biden akan menjelaskan bahwa Xi akan bertanggung jawab atas tindakan apa pun yang mendukung agresi Rusia.

"Kami tidak akan ragu untuk mengenakan biaya,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Pertemuan tersebut menindaklanjuti pertemuan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dengan diplomat senior Tiongkok Yang Jiechi. Sullivan telah menyampaikan keprihatinan yang sama tentang dukungan Tiongkok untuk Rusia.

Selama tujuh jam mereka berdiskusi di Roma. Washington mempercayai Beijing harus membantu dunia untuk menghentikan tindakan Moskow di Kyiv.

Tiongkok dipercaya ingin menjadi negara yang netral dalam konflik di Ukraina. Di sisi lain, Tiongkok dapat dengan mudah membantu Rusia.

Namun, Duta Besar Tiongkok untuk AS Gang Qin menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan bantuan apa pun kepada Rusia. "Pernyataan bahwa Tiongkok menyetujui atau secara diam-diam mendukung perang ini adalah murni disinformasi,” tulisnya.

Menurut dia konflik antara Rusia dan Ukraina tidak baik untuk Tiongkok. Seandainya Tiongkok mengetahui krisis ini akan terjadi, pasti akan mencegahnya lebih dulu. (Straits Times/OL-13)

Baca Juga: Iran masih Cari Satu Awak Kapal Kargo UEA yang Tenggelam

Baca Juga

dok.mi

Presiden AAYG Dukung Pemerintah RI Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:45 WIB
Presiden Asian African Youth Government (AAYG), Respiratori Saddam Al Jihad mendukung pemerintah RI untuk terlibat aktif mewujudkan...
dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya