Kamis 03 Maret 2022, 08:15 WIB

Spanyol Siap Pasok Senjata ke Ukraina

Nur Aivanni | Internasional
Spanyol Siap Pasok Senjata ke Ukraina

dok.AFP
Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez.

 

PERDANA Menteri Pedro Sanchez, mengatakan Spanyol akan memasok senjata langsung ke Ukraina setelah invasi Rusia. Pernyataan itu keluar setelah dua hari menyatakan Madrid hanya akan berkontribusi melalui mekanisme pendanaan Uni Eropa.

Langkah itu dilakukan setelah tekanan pada pemerintah koalisi sayap kiri Sanchez, untuk mengambil pendekatan yang lebih proaktif terhadap perang yang berkecamuk di sisi timur Eropa.

"Spanyol akan memberikan perangkat keras militer ofensif perlawanan Ukraina," kata Sanchez, pada Rabu waktu setempat.

Menteri Pertahanan Margarita Robles mengatakan kepada televisi Antena 3 bahwa perangkat keras itu termasuk 1.370 peluncur granat, 700.000 amunisi dan senjata otomatis ringan.

Menteri mengatakan bahan yang dapat digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam menangani senjata akan berangkat dari Spanyol pada Jumat pagi. Itu akan dikirim dengan menggunakan dua pesawat yang akan mendarat di daerah Polandia yang sangat dekat dengan perbatasan Ukraina dan akan dikumpulkan di sana oleh otoritas Ukraina.

Sanchez sebelumnya mengatakan Spanyol hanya akan memasok kemampuan ofensif melalui Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF) UE, mekanisme pendanaan 450 juta euro ($500 juta) yang diaktifkan pada hari Minggu untuk memberikan bantuan militer ke Ukraina.

Amerika Serikat, Kanada, dan lebih dari sejumlah negara Eropa sejauh ini telah menyetujui permohonan Ukraina untuk peralatan militer. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Majelis Umum PBB Desak Rusia Tinggalkan Ukraina

Baca Juga

Dok. Biro Setpres

Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina Membuahkan Hasil

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:14 WIB
Setelah melalui diskusi yang cukup panjang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jokowi mendapat kepastian bahwa pasokan produk pangan dan...
AFP/Adam Berry.

Wapres Parlemen Eropa: Sebut Israel Apartheid itu Antisemitisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Selama 18 bulan terakhir, Human Rights Watch dan Amnesty International menerbitkan laporan yang menuduh Israel melakukan...
AFP

Paus Sebut Rusia Lakukan Agresi dan Imperialisme di Ukraina

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:35 WIB
Semua pihak perlu 'mengakui bahwa penaklukan bersenjata, ekspansionisme, dan imperialisme tidak ada hubungannya dengan kerajaan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya