Selasa 18 Januari 2022, 20:57 WIB

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina Butuh Rp23 Triliun

Mediaindonesia.com | Internasional
Badan PBB untuk Pengungsi Palestina Butuh Rp23 Triliun

AFP/Mahmud Hams.
Murid-murid sekolah UNRWA Palestina menaiki bagian belakang truk sekolah di jalan yang banjir saat hujan lebat di Kota Gaza, Sabtu (15/1).

 

BADAN PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA, mengumumkan permohonan dana sekitar US$1,6 miliar atau sekitar Rp23 triliun, Selasa (18/1), untuk membantu mengatasi kekurangan anggaran yang kronis. Itu menjadi yang terbaru dari serangkaian peringatan UNRWA tentang kemungkinan pemotongan besar-besaran jika komunitas internasional gagal memberikan lebih banyak dukungan.

"Kekurangan anggaran lembaga yang kronis mengancam mata pencaharian dan kesejahteraan para pengungsi Palestina yang dilayani UNRWA dan menimbulkan ancaman serius terhadap kemampuan badan tersebut untuk mempertahankan layanan," kata kepala badan tersebut Philippe Lazzarini dalam pernyataannya.

Pendanaan UNRWA mengalami tekanan pada 2018 ketika mantan Presiden AS Donald Trump memotong dukungan kepada badan tersebut. Pemerintahannya mengecap UNRWA sebagai cacat yang tidak dapat ditebus. Ia berpihak pada kritik Israel terhadap badan yang didirikan pada 1949 itu alias setahun setelah pembentukan Israel.

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah memulihkan beberapa dukungan, tetapi UNRWA mengatakan masih berjuang. Pada November, ia memperingatkan pihaknya menghadapi ancaman eksistensial atas kesenjangan anggaran.

Baca juga: Tentara Israel Tembak Mati Warga Palestina yang Ingin Menikam

Badan tersebut memiliki 28.000 staf dan menyediakan layanan seperti pendidikan dan perawatan kesehatan kepada lebih dari lima juta warga Palestina yang terdaftar di wilayah Palestina. Ini termasuk Jerusalem timur yang dicaplok Israel, Yordania, Libanon, dan Suriah. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Sri Lanka, Alami Gagal Bayar Pertama di Negara Berkembang

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
SAAT pandemi, pasar obligasi banyak diwarnai kasus gagal bayar korporasi yang tumbang akibat kekurangan likuiditas untuk memenuhi...
Alexander Shatov/ Unsplash

Twitter Beri Label Peringatan di Konten Menyesatkan Terkait Konflik Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:22 WIB
Label peringatan itu akan mengingatkan pengguna bahwa cuitan yang bersangkutan telah melanggar aturan...
dok.Ant

Soal UAS, Indonesia Hormati Kedaulatan Singapura

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:16 WIB
SEMUA negara memiliki kedaulatan dan kebijakan imigrasi masing-masing. Maka Indonesia menghormati keputusan Singapura atas penolakan masuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya