Selasa 05 Oktober 2021, 13:20 WIB

Ini Penyebab Facebook, WA dan IG Ngadat 6 Jam

Mediaindonesia | Internasional
Ini Penyebab Facebook, WA dan IG Ngadat 6 Jam

Lionel BONAVENTURE / AFP
Ilustrasi

 

FACEBOOK mengeluarkan pernyataan mengenai penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram, yang berdampak ke seluruh pengguna di dunia yakni karena perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu litas di pusat data.

"Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi hari ini supaya kami bisa terus memperkuat infrastruktur kami," tulis Facebook di laman resmi mereka, dikutip Selasa.

Layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp di seluruh dunia padam hampir selama enam jam. Saat ini layanan sudah kembali pulih.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer melalui akun Twitter menyatakan mungkin akan butuh waktu sampai layanan mereka pulih 100 persen.

Baca juga: Julius dan Patapoutian Raih Nobel Kesehatan

Hasil penelurusan tim Facebook untuk masalah ini, gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router tulang punggung mereka, yang bertugas mengatur lalu litas pada pusat data atau data center.

Perubahan konfigurasi ini, secara berjenjang, menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Akibatnya, layanan Facebook terhenti.

"Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar pemadaman ini karena kesalahan perubahan konfigurasi. Kami tidak memiliki bukti bahwa data pengguna disusupi akibat pemadaman ini," kata Facebook.(Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP

Sri Lanka, Alami Gagal Bayar Pertama di Negara Berkembang

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
SAAT pandemi, pasar obligasi banyak diwarnai kasus gagal bayar korporasi yang tumbang akibat kekurangan likuiditas untuk memenuhi...
Alexander Shatov/ Unsplash

Twitter Beri Label Peringatan di Konten Menyesatkan Terkait Konflik Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:22 WIB
Label peringatan itu akan mengingatkan pengguna bahwa cuitan yang bersangkutan telah melanggar aturan...
dok.Ant

Soal UAS, Indonesia Hormati Kedaulatan Singapura

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:16 WIB
SEMUA negara memiliki kedaulatan dan kebijakan imigrasi masing-masing. Maka Indonesia menghormati keputusan Singapura atas penolakan masuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya