Jumat 17 September 2021, 10:20 WIB

AS Jatuhkan Sanksi Bagi Lima Fasilitator Al-Qaeda di Turki

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
AS Jatuhkan Sanksi Bagi Lima Fasilitator Al-Qaeda di Turki

AFP
Warga negara Mesir, Muhammad Nasr al-Din al-Ghazlani, yang dituduh sebagai kurir keuangan untuk Al-Qaeda di Turki.

 

DEPARTEMEN Keuangan Amerika Serikat (AS) menempatkan lima fasilitator dan pemodal Al-Qaeda yang berbasis di Turki dalam daftar hitam sanksi pada Kamis (16/9).

Departemen Keuangan mengatakan pengacara Turki kelahiran Mesir, Majdi Salim dan warga negara Mesir lainnya, Muhammad Nasr al-Din al-Ghazlani, bertindak sebagai kurir keuangan untuk Al-Qaeda di Turki.

“Kelompok tersebut menggunakan kurir keuangan yang berbasis di Turki untuk memfasilitasi transfer dana atas nama Al-Qaeda, termasuk memberikan uang kepada keluarga anggota Al-Qaeda yang dipenjara," kata Departemen Keuangan dalam sebuah pernyataan.

Tiga warga negara Turki, Cebrail Guzel, Soner Gurleyen, dan Nurettin Muslihan, dituduh membantu memfasilitasi jaringan Al-Qaeda di seluruh Turki dan ke negara tetangga Suriah.

Pengumuman tersebut menyusul penetapan sanksi serupa pada akhir Juli 2021 dari dua "fasilitator keuangan" Al-Qaeda dan Hayat Tahrir al-Sham yang berbasis di Turki, sebuah kelompok militan yang berbasis di Suriah yang memiliki hubungan dengan Al-Qaeda.

Kekhawatiran telah tumbuh di Washington atas potensi kebangkitan Al-Qaeda, yang bertanggung jawab atas serangan 11 September di Amerika Serikat 20 tahun lalu, setelah pasukan AS menarik diri dari Afghanistan pada Agustus.

Al-Qaeda telah berlindung di Afghanistan yang dikuasai Taliban pada akhir 1990-an, dan invasi AS pada tahun 2001 menggulingkan rezim ekstremis dalam upaya untuk menemukan para pemimpin Al-Qaeda.

"Kami akan terus bekerja dengan mitra asing kami, termasuk Turki, untuk mengekspos dan mengganggu jaringan dukungan keuangan Al-Qaeda," kata Andre Gacki, Direktur Kantor Pengawasan Aset Asing Departemen Keuangan, yang mengumumkan sanksi tersebut. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

Antara

AS Umumkan Beri Bantuan ke Malaysia Senilai Rp11,3 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:53 WIB
Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan akan memberikan bantuan tambahan covid-19 kepada Malaysia senilai US$800.000 (sekitar Rp11,3...
independent.co.uk

Tewas Dibunuh Jasad Pasangan Blogger Wisata Gabby Petito Ditemukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:10 WIB
FBI mengatakan jasad tersebut dikenali melalui gigi pria...
AFP/Christopher Furlong

Ratu Elizabeth Kembali ke Istana Usai dari Rumah Sakit

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:35 WIB
Selama bertahun-tahun sebelumnya, baru kali ini Ratu Elizabeth bermalam di rumah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya