Senin 16 Agustus 2021, 17:20 WIB

Arab Saudi Tangkap Enam Pemuda yang Lecehkan Turis Asing

Mediaindonesia.com | Internasional
Arab Saudi Tangkap Enam Pemuda yang Lecehkan Turis Asing

AFP/Fayez Nureldine.
Seorang wanita berjalan di sepanjang kawasan pedestrian di luar pusat perbelanjaan di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada 31 Oktober 2020.

 

ENAM pria Arab Saudi ditangkap karena melecehkan seorang turis wanita yang mengunjungi ibu kota Riyadh. Bentuk pelanggaran tersebut baru dikriminalisasi dalam beberapa tahun terakhir, kata jaksa penuntut umum pada Senin (16/8).

"Penyelidikan dibuka terhadap enam warga berusia dua puluhan mengenai insiden saat mereka berkumpul di sekitar kendaraan turis asing yang mereka ganggu secara verbal dan dengan gerak tubuh," kata sumber penuntutan kepada kantor berita resmi SPA.

Keenam terdakwa, yang mengakui pelanggaran itu, telah ditangkap dan ditahan di tengah penyelidikan yang sedang berlangsung, sumber tersebut menambahkan. Mereka sekarang menghadapi hukuman sepuluh tahun penjara atas insiden itu, kata sumber itu.

Upaya untuk memerangi pelecehan seksual dimulai relatif baru-baru ini di Arab Saudi. Pasalnya, kerajaan Muslim konservatif ini memandang masalah kekerasan berbasis gender masih sangat tabu.

Pada Mei 2018 pemerintah mengkriminalisasi pelecehan seksual dengan hukuman hingga lima tahun penjara dalam kasus-kasus tanpa keadaan yang memberatkan. Dendanya sekitar 300.000 riyal (69.000 euro).

Sejak 2017, negara tersebut telah berusaha untuk melunakkan citra konservatifnya yang keras, khususnya melalui promosi hak-hak perempuan. Reformasi itu didorong oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang berkuasa.

Baca juga: Saudi Beri Rp1,9 Miliar bagi Keluarga Tenaga Kesehatan yang Meninggal

Tetapi reformasi tersebut disertai dengan tindakan keras terhadap para pembangkang, termasuk para aktivis feminis. Arab Saudi berharap dapat meyakinkan wisatawan asing karena berusaha menumbuhkan sektor yang baru lahir. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Argentina Konfirmasi kasus Cacar Monyet Pertama di Amerika Latin

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:33 WIB
Kemenkes menambahkan bahwa sang pasien sehat dan orang-orang yang sempat melakukan kontak erat dengan pasien tersebut berada di bawah...
DOK DPD RI

Bertemu Presiden CECF, Sultan: Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Konferensi Pemuda Lintas Agama Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:24 WIB
Sebagai negara yang plural dan toleran, Indonesia diminta untuk bersedia melangsungkan konferensi Pemuda Lintas Agama...
AFP/Satellite image ©2020 Maxar Technologies.

AS dan Belanda Waswas Supertanker Tua Bawa Sejuta Barel Minyak

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:16 WIB
Bulan lalu, PBB meluncurkan rencana menurunkan minyak dari supertanker ke kapal sementara selama empat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya