Selasa 13 Juli 2021, 20:33 WIB

Jarang Terjadi, Presiden Turki Dialog dengan Presiden Israel via Telepon

Mediaindonesia.com | Internasional
Jarang Terjadi, Presiden Turki Dialog dengan Presiden Israel via Telepon

AFP/Layana Pers Presiden Turki.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas.

 

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dengan Presiden yang baru dari Israel Isaac Herzog pada Senin (12/7). Pembicaraan telepon itu tergolong jarang terjadi antara kedua negara yang punya hubungan tegang.

Seruan itu muncul setelah Erdogan, seorang pendukung vokal perjuangan Palestina selama 18 tahun pemerintahannya, mengadakan pembicaraan pada Sabtu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas.

Selama pertemuan itu, Erdogan mengatakan kepada Abbas bahwa Turki tidak akan tinggal diam terhadap penindasan Israel di Palestina, menurut kepresidenan Turki.

Ketika konflik berkecamuk di Gaza awal tahun ini, Erdogan menuduh Israel melancarkan terorisme dan berjanji mengerahkan dunia untuk mempertahankan wilayah itu.

Selama teleponnya dengan Herzog, Erdogan menekankan pentingnya hubungan Turki-Israel untuk keamanan dan stabilitas di Timur Tengah, kata kepresidenan Turki.

 

Erdogan juga menggarisbawahi penekanan Turki untuk melanjutkan dialog meskipun ada perbedaan pendapat, tambahnya dalam pernyataan.

Dia mengatakan kepada Herzog bahwa masyarakat internasional mengharapkan solusi dua negara yang permanen dan komprehensif untuk konflik Palestina-Israel dalam kerangka resolusi PBB.

Namun Erdogan mengatakan ada potensi tinggi untuk kerja sama antara kedua negara di sejumlah bidang, termasuk energi, pariwisata, dan teknologi.

 

Hubungan antara Israel dan Turki telah tegang sejak suatu LSM Turki mengawasi armada kapal yang mencoba untuk menembus blokade Israel di Jalur Gaza pada 2010. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Banjir Mengerikan di Pakistan Tanda Krisis Iklim Global

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 17:15 WIB
Hujan monsun yang belum pernah terjadi sebelumnya membanjiri sepertiga negara itu menewaskan hampir 1.600 orang dan menggusur lebih dari...
AFP

Protes Kematian Mahsa Amini di Iran Kembali Bergejolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 17:00 WIB
Iran telah memberlakukan pembatasan ketat pada penggunaan internet dalam upaya untuk menghambat pengunjuk rasa berkumpul dan menghentikan...
AFP

Biden Bersumpah Sanksi Berat Rusia jika Caplok Ukraina

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 16:45 WIB
Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat memperingatkan Rusia akan ada biaya "cepat dan berat" jika Moskow menggunakannya untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya