Kamis 17 Juni 2021, 15:47 WIB

Korea Utara Gulirkan Bantuan US$300 Ribu untuk Myanmar

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Korea Utara Gulirkan Bantuan US$300 Ribu untuk Myanmar

AFP
Warga di wilayah Shan, Myanmar, berjalan seusai mendapat bantuan makanan.

 

KOREA Utara menggulirkan dana sebesar US$300.000 kepada prakarsa bantuan kemanusiaan yang dipimpin PBB untuk Myanmar. Ini merupakan sumbangan pertama Korea Utara ke negara lain sejak 2005.

Layanan pelacakan keuangan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan menunjukkan bahwa Korea Utara membayar kontribusi tersebut pada 24 Mei kepada Dana Kemanusiaan Myanmar.

Baca juga: Pasukan Militer Dituding Bakar Desa di Magway Myanmar

Lembaga tersebut meminta dana sekitar US$276 juta untuk membantu penanganan krisis di Myanmar. Diketahui, sejak pemerintahan Aung San Suu Kyi digulingkan kudeta militer pada Februari lalu, Myanmar mengalami krisis hebat yang ditambah pandemi covid-19.

Korea Utara terakhir menawarkan bantuan keuangan kepada PBB pada 2005. Saat itu, Korea Utara memberikan dana sebesar US$150.000 untuk Indonesia, India, Thailand, Malaysia, Maladewa dan Sri Lanka. Sejumlah negara tersebut dilanda tsunami dahsyat pada Desember 2004.

Baca juga: Myanmar Laporkan Kasus Varian Baru Covid-19

Diketahui, Korea Utara memiliki hubungan lama dengan Myanmar. Pengawas PBB melaporkan bahwa Pyongyang memasok senjata ke negara Asia Tenggara tersebut. Saat ini, pihak PBB tengah menyelidiki kerja sama rudal antara kedua negara.

Korea Selatan juga meluncurkan bantuan sebesar US$600.000 kepada PBB untuk mendukung pemulihan Myanmar. Namun, telah menangguhkan pertukaran pertahanan, serta melarang ekspor senjata dan barang strategis lain ke Myanmar, yang tengah dikuasai junta militer.(Straitstimes/OL-11)

 

Baca Juga

AFP

Soal Pakta Keamanan, Prancis Tuduh Australia-AS Berdusta

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 19 September 2021, 08:15 WIB
PRANCIS menuduh Australia dan Amerika Serikat berbohong dalam krisis atas pakta...
AFP/David Gray

267 Demonstran Australia Penentang Lockdown Ditahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 20:45 WIB
Australia tengah berjuang melawan wabah varian Delta COVID-19 sejak pertengahan Juni dengan memberlakukan penguncian ketat di Sydney,...
nytimes.com

10 Ribu Migran Mayoritas dari Haiti Tinggal di Bawah Jembatan Texas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:48 WIB
Lebih dari 10.000 migran sebagian besar warga Haiti ditempatkan di sebuah kamp kumuh di bawah jembatan di Texas selatan pada Jumat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya