Jumat 23 April 2021, 08:43 WIB

PBB Desak Israel Izinkan Pemilu Palestina di Jerusalem Timur

Basuki Eka Purnama | Internasional
PBB Desak Israel Izinkan Pemilu Palestina di Jerusalem Timur

AFP/Emmanuel DUNAND
Warga mengibarkan bendera Palestina dalam aksi demonstrasi di Jerusalem Timur.

 

PBB dan anggota Dewan Keamanan asal Eropa, Kamis (22/4), meminta agar semua pemilih Palestina yang berada di Jerusalem Timur, yang dikuasai Israel, bisa memberikan suara mereka dalam pemilu legislatif Palestina pertama dalam tempo 15 tahun.

Warga Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur dijadwalkan memberikan suara mereka pada 22 Mei menjelang pemilihan presiden, Juli mendatang, yang disebut akan menjadi saat Presiden Mahmoud Abbas tumbang.

Komisi pemilihan Palestina mengatakan sebanyak 150 ribu pemilih terdaftar di pinggiran Jerusalem Timur sehingga tidak membutuhkan izin Israel untuk memberikan suara mereka. Namun, sebanyak 6.300 pemilih lainnya berada di dalam kota suci yang dikuasai oleh 'Negeri Zionis' itu.

Baca juga: Pemilu Palestina Gagal jika Israel Larang Warga Yerusalem Timur

"Sangat penting bahwa warga Palestina yang berada di area yang dikuasai Israel bisa memberikan suara mereka dalam proses demokrasi yang penting ini," tegas juru bicara PBB Stephane Dujarric.

Israel menganeksasi Jerusalem pada 1967 dan memandang kota itu sebagai ibu kota mereka. Sekitar 60 kandidat yang bertarung di pemilu Palestina berasal dari Jerusalem timur.

Sebelumnya, anggota Dewan Keamanan PBB Estonia, Prancis, dan Irlandia, serta mantan anggota Jerman dan Belgia meminta agar pemilu Palestina bisa berjalan lancar.

"Kami siap mendukkung pemilu yang bebas, adil, dan inklusif di seluruh wilayah Palestina yang terduduki, termasuk Jeruisalem Timur," tegas mereka. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...
AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya