Selasa 18 Agustus 2020, 10:00 WIB

Pesawat Trump Hampir Ditabrak Drone

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Pesawat Trump Hampir Ditabrak Drone

AFP/Brendan Smialowski
Presiden Amerika Serikat Donald Trump melambaikan tangan sebelum memasuki pesawat kepresidenan Air Force One.

 

JET Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hampir ditabrak pesawat nirawak kecil ketika mendekati pangkalan udara dekat Washington, Minggu (16/8) malam, menurut beberapa orang di pesawat Air Force One itu.

Drone yang berwarna kuning dan hitam itu berada di sisi kanan pesawat dan dilihat beberapa penumpang di jet, tidak lama sebelum mendarat pada pukul 17:05 di Point Base Andrews di Maryland.

Kantor Militer Gedung Putih dan Airlift Wing ke-89 Angkatan Udara mengatakan dalam sebuah pernyataan, Senin (17/8) malam, mereka "mengetahui laporan itu" dan "masalah tersebut sedang ditinjau."

Baca juga: Kushner Desak Arab Saudi Normalisasi Hubungan dengan Israel

Meskipun sangat sulit bagi penyelidik keselamatan penerbangan memverifikasi kejadian singkat tersebut, tampaknya itu adalah salah satu dari ribuan insiden keselamatan yang melibatkan drone di AS.

Rangkaian kejadian telah mendorong seruan oleh penegak hukum dan badan keamanan dalam negeri untuk tindakan yang lebih besar untuk mengendalikan penggunaannya.

Kebanyakan drone sipil memiliki berat hanya beberapa pon dan mungkin tidak bisa menjatuhkan sebuah pesawat jet. Tetapi penelitian pemerintah menunjukkan kerusakan bisa lebih besar daripada yang terjadi akibat burung berukuran serupa, yang dapat menghancurkan kaca depan kokpit atau merusak mesin.

Trump sedang terbang dengan Boeing Co 757 yang dimodifikasi yang merupakan salah satu armada jet yang dikenal sebagai Air Force One ketika presiden berada di dalamnya.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menerima ribuan laporan per tahun yang menyatakan drone terbang terlalu dekat dengan pesawat lain atau beroperasi di area terlarang. Sebagian besar laporan berasal dari pilot.

Di bawah peraturan federal saat ini, drone harus diterbangkan dalam jarak pandang operator dan tidak lebih tinggi dari 122 meter di atas permukaan tanah tanpa pengecualian khusus.

Sementara model drone paling populer dilengkapi dengan perangkat lunak yang dirancang untuk mencegah penerbangan jarak jauh, insiden terus bertambah, menurut catatan pemerintah.

Ada beberapa contoh drone benar-benar menghantam pesawat, tetapi tidak ada yang mengakibatkan kecelakaan atau cedera serius, menurut data Badan Keselamatan Transportasi Nasional.

Pesawat nirawak yang diterbangkan secara ilegal di dekat New York City menabrak helikopter Angkatan Darat pada 21 September 2017, NTSB menemukan. Hantaman tersebut merusak helikopter, tetapi pilot mampu mendarat dengan selamat.

NTSB, bulan lalu, menyimpulkan pesawat nirawak kemungkinan besar menabrak helikopter KABC-TV yang terbang di atas pusat Kota Los Angeles pada 4 Desember. (Straits Times/OL-1)

Baca Juga

AFP/Wendell Teodoro.

PM Australia yang Baru Anthony Albanese Pengkritik Keras Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:45 WIB
Ostrovsky menyatakan keprihatinan bahwa dukungan bipartisan yang dinikmati Israel di Australia selama bertahun-tahun mungkin akan...
AFP/Wojtek RADWANSKI

Teratas, Invasi Rusia Dorong Peningkatan Jumlah Pengungsi di Dunia

👤Nur Aivanni 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:19 WIB
Badan pengungsi PBB, UNHCR, pada Senin, mengatakan bahwa perang Rusia di Ukraina telah mendorong jumlah orang yang mengungsi di seluruh...
AFP/Abbas Momani.

Hamas Peringatkan Pawai Israel Minggu Depan di Jerusalem Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:17 WIB
Mereka ingin memperingati penyatuan kota itu setelah Israel mencaplok Jerusalem timur pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya