Rabu 18 Desember 2019, 06:40 WIB

AS Dakwa WNI karena Langgar Sanksi Iran

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Dakwa WNI karena Langgar Sanksi Iran

AFP/GIUSEPPE CACACE
Maskapai penerbangan Iran Mahan Air

 

DEPARTEMEN Kehakiman Amerika Serikat (AS), Selasa (17/12), mendakwa seorang warga negara Indonesia (WNI) karena melanggar sanksi terhadap Iran dengan memasok sparepart pesawat baru dan refurbished untuk maskapai penerbangan 'Negeri Para Mullah' itu, Mahan Air.

Presiden Direktur PT MS Aero Support Sunakro Kuntjoro, WNI tersebut, mengekspor sparepart pesawat terbang buatan AS ke Mahan Air antara 2011 dan 2018. Aksi itu melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Sunakro juga mengirimkan sparepart pesawat milih Mahan Air ke AS untuk diperbaiki dan kemudian diterbangkan kembali ke Iran.

Dakwaan itu mencakup delapan pelanggaran yang mencakup pelanggaran sanksi, pencucian uang, dan pemberian pernyataan palsu terhadap Sunakro, PT MS Aero Support, dan dua perusahaan terkait asal Indonesia.

Baca juga: Terancam Dimakzulkan, Popularitas Trump Malah Meningkat

Sunakro mendapatkan keuntungan jutaan dolar dari Mahan Air karena bisa memperbaiki sparepart pesawat milik maskapai penerbangan itu di AS.

Dia menyembunyikan keterkaitan Iran dalam aksinya dengan mengirimkan sparepart pesawat terbang itu melalui Singapura, Hong Kong, dan Thailand.

Sanksi dan embargo perdagangan AS terhadap Iran melarang pengiriman produk AS ke Iran tanpa izin dari Departemen Keuangan AS.

Departemen Keuangan menjatuhkan sanksi terhadap Mahan Air pada 2011 karena keterkaitan maskapai penerbangan itu dengan Garda Revolusi Iran.

Salah satu maskapai utama Iran itu menggunakan sejumlah pesawat produksi Boeing dan saat ini kesulitan beroperasi karena minimnya sparepart. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/Olivier DOULIERY

Ketua IAEA Kecewa Teheran Tunda Pertemuan Nuklir

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 07:15 WIB
Grossi mengaku dia masih menunggu perundingan tingkat tinggi dengan pejabat Iran di Teheran seperti telah direncanakan sejak September...
Ludovic MARIN / AFP

Lama menghilang, Jack Ma sedang Studi Tur di Spanyol

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:41 WIB
Ma sedang berada di Spanyol mengikuti studi tur pertanian dan teknologi yang berkaitan dengan isu lingkungan, berdasarkan laporan mengutip...
AFP/Kamil Krzaczynski.

Amerika Serikat Izinkan Vaksinasi Covid-19 Ketiga dari Merek Berbeda

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:24 WIB
FDA mungkin membuat pengumuman pada Rabu (20/10) ketika juga diharapkan untuk mengesahkan booster untuk vaksin Moderna dan Johnson &...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya