Kamis 08 Juni 2023, 23:21 WIB

Ini Langkah Wapres Atasi Banyaknya Pekerja Migran Ilegal yang Meninggal

Kautsar Widya Prabowo | Humaniora
Ini Langkah Wapres Atasi Banyaknya Pekerja Migran Ilegal yang Meninggal

Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memastikan pemerintah telah memberikan perhatian serius terhadap banyaknya pekerja migran Indonesia (PMI) yang meninggal dunia. Ma'ruf menilai salah satu upaya dalam mengatasi persoalan itu dengan menekan angka kemiskinan.

"Salah satunya selain di (Pulau) Jawa juga di Nusa Tenggara Timur (NTT), ini akan kita coba untuk penurunan kemiskinannya itu kita prioritaskan," ujar Wapres Ma'ruf disela kunjungan kerja (kunker) ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis, (8/6). 

Ma'ruf menyebut mayoritas PMI yang meninggal karena diperlakukan tidak menyenangkan oleh majikannya, diberangkatkan melalui jalur ilegal. Untuk itu, saat ini aparat kepolisian tengah mempeketat pengawasan pengiriman PMI.

Baca juga :Polda Metro Tangkap Pasutri terkait Kasus TPPO

"Kepolisian itu melakukan pengawasan yang ketat untuk menekan jangan sampai terjadi (PMI ilegal) sehingg tidak terjadi korban," jelasnya.

Baca juga :Menaker Ajak Masyarakat Berkerja ke Jepang sebagai Specified Skill Workers

Sebelumnya, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan ada 1.900 PMI meninggal dalam setahun. Mereka merupakan korban praktik perdagangan orang.

"Kemudian, 3.600 yang sakit depresi, hilang ingatan, dan bahkan cacat secara fisik," ujar Benny dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Mei 2023.

Benny mengatakan sebagian besar PMI meninggal akibat dianiaya. Selain itu, ada 94 ribu PMI dideportasi dari negara Timur Tengah dan Asia karena tidak mengantongi surat resmi.  (MGN/Z-8)

 

Baca Juga

Freepik

Ini Pentingnya Mempertahankan Komposisi Air di Dalam Tubuh

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 September 2023, 10:00 WIB
"Sebanyak 50%-80% tubuh manusia adalah air, sehingga sangat penting untuk mengonsumsi air yang cukup setiap harinya untuk...
AFP

Waspada Virus Nipah, Kemenkes Terbitkan Surat Edaran

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 26 September 2023, 09:20 WIB
Kementerian Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran kewaspadaan terhadap penyakit virus...
MI/RAMDANI

Kemenkes Imbau Pemangku Kepentingan Waspadai Virus Nipah

👤Budi Ernanto 🕔Selasa 26 September 2023, 09:08 WIB
Pemerintah tetap mengimbau pemangku kepentingan selalu waspada terhadap kasus Nipah karena wabah tersebut berada di negara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya