Kamis 19 Januari 2023, 08:00 WIB

Penelitian: Minum Dua Cangkir Kopi Sehari Berbahaya Bagi Pasien Hipertensi

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Penelitian: Minum Dua Cangkir Kopi Sehari Berbahaya Bagi Pasien Hipertensi

Paxel
Ilustrasi

 

MINUM dua cangkir atau lebih kopi dalam sehari bisa membuat orang dengan tekanan darah tinggi berisiko dua kali lipat meninggal akibat stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Hal itu terungkap dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association.

Seperti disiarkan Medical Daily, belum lama ini, temuan berbeda dialami mereka yang minum teh hijau atau hanya satu cangkir kopi setiap hari.

Untuk keperluan studi, tim peneliti memeriksa data dari 18.609 peserta berusia 40 -79 tahun. Para peserta diminta mengisi kuesioner terkait gaya hidup, pola makan, dan riwayat kesehatan. Mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Ini Alasan Menjaga Asupan Garam Penting Agar Terhindar dari Hipertensi

"Konsumsi kopi berat dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular di antara orang dengan hipertensi berat, tetapi tidak pada orang tanpa hipertensi dan dengan hipertensi tingkat satu," kata peneliti.

Sebaliknya, konsumsi teh hijau tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular di semua kategori tekanan darah.

Penelitian sebelumnya menunjukkan orang yang mengalami serangan jantung tetapi minum satu cangkir kopi berkafein setiap hari dapat menurunkan risiko kematian mereka.

Cara ini juga diyakini membantu mencegah serangan jantung dan stroke pada orang dewasa yang sehat.

Namun, penelitian lain menunjukkan terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah dan bahkan menyebabkan jantung berdebar-debar dan kecemasan, menurut American Heart Association.

Baik kopi maupun teh mengandung kafein tetapi dalam kadar yang berbeda-beda. Secangkir teh hijau atau hitam 8 ons mengandung 30 hingga 50 mg kafein.

Di sisi lain, volume kopi yang sama mengandung 80 hingga 100 mg kafein, menurut Food and Drug Administration. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Beri Layanan Kesehatan Optimal, Kini Klinik Terapkan Sistem 'Jemput Bola'

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:24 WIB
Mengedepankan efisiensi dalam layanan medis homecare atau layanan rumah dan office visit atau kunjungan kantor untuk cek kesehatan berkala...
Dok Ist

Maritime Awards Bisa Gerakkan Pembangunan Sektor Maritim

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 19:46 WIB
Maritime Awards dapat menyuarakan pada para pemangku kepentingan bangsa ini untuk serius membangun sektor maritim...
MI/HO

IKAPI Lantik Pengurus Periode 2022-2027

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:40 WIB
"Sebagai organisasi yang matang secara usia, kita semua harus terus berupaya untuk menjaga profesionalisme dengan cara meningkatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya