Rabu 02 November 2022, 06:00 WIB

Saluran Cerna Pegang Peranan Penting dalam Pembentukan Kekebalan Tubuh Anak

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Saluran Cerna Pegang Peranan Penting dalam Pembentukan Kekebalan Tubuh Anak

Ist
Ilustrasi

 

DOKTER spesialis anak Andreas mengatakan saluran pencernaan berperan sangat penting untuk membentuk sistem kekebalan tubuh anak.

"Perannya sangat penting. Saluran cerna itu tempatnya penyerapan nutrisi, apa yang kita makan, apa yang kita konsumsi semuanya akan disalurkan ke seluruh tubuh oleh usus," ucapnya dalam diskusi daring tentang Pentingnya Pencernaan yang Sehat untuk Imunitas dan Kecerdasan Anak, Selasa (1/11).

Jika usus tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan, kata Andreas, sel-sel dalam tubuh akan mati atau tidak bertumbuh, termasuk sel kekebalan tubuh. Sel yang memproduksi limfosit dan makrofag ini bertujuan melawan kuman dan penyakit. Dalam istilah kedokteran, saluran pencernaan ini disebut 'otak kedua'.

Baca juga: Cara Mudah Menghadapi Anak Agar Tetap Mengonsumsi Sayur

"Jadi, si 'otak' nomor dua ini fungsinya menghilang, anak jadi sakit, berat badan seret, enggak mau makan. Korelasinya adalah saluran cerna ini harus dijaga supaya anak tetap sehat," ucap Andreas.

Saluran pencernaan, kata Andreas, juga erat hubungannya dengan perkembangan otak anak. Jika penyerapan dalam usus tidak maksimal, kebutuhan nutrisi pada seluruh organ tubuh juga akan terganggu, termasuk sel dalam otak.

Akibatnya, ada gangguan dalam tumbuh kembang, telat bicara, perkembangan motoriknya, seperti berjalan, berdiri dan duduk akan terhambat, serta berkurangnya konsentrasi.

"Pencernaan bukan cuma membentuk sistem imun, tapi juga berfungsi mengalirkan semua kebutuhan tubuh, salah satunya adalah untuk otak tetap bisa bekerja," ucapnya.

Andreas mengatakan faktor lingkungan tidak bisa diubah untuk menjaga anak terpapar virus dan penyakit, sehingga sistem imun harus dibangun dari dalam tubuh.

Ia memberikan beberapa tips untuk membangun kekebalan dari dalam tubuh, salah satunya pemenuhan nutrisi. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral agar terserap dengan baik dan dapat membentuk sel-sel kekebalan tubuh.

"Cara jaganya, nutrisi yang masuk itu harus seimbang, perlu banget makronutrien dan mikronutrien. Selain itu, cari sumber makanan yang mengandung probiotik," ucap dokter RS Mayapada Bogor itu.

Probiotik merupakan kuman baik yang bersumber dari vitamin dan mineral. Perlunya mengonsumsi makanan sumber probiotik untuk menghambat kembalinya kuman penyakit, sehingga tetap sehat dan bisa menghasilkan sistem kekebalan tubuh.

Ia mengatakan selain memenuhi nutrisi, istirahat dan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat juga menjadi hal yang penting dalam membentuk kekebalan tubuh anak. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi? Yuk Simak Penjelasannya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 30 November 2022, 16:50 WIB
Sumber daya jenis ini bermanfaat untuk bidang industri, bahan bakar kendaraan, bahan pembuat perabotan rumah tangga, hingga sebagai bahan...
Ist

Kampanye #MyWayToBeReal Dorong Perempuan Tampil Percaya Diri

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 30 November 2022, 16:34 WIB
#MyWayToBeReal, Ultima II mendukung para pengguna agar merasa lebih percaya diri menampilkan keistimewaan diri sendiri dengan versi yang...
MI/HO

Sanofi Dukung Optimalisasi Edukasi dan Program Dukungan Pasien Diabetes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 16:28 WIB
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, diabetes melitus (DM) semakin meningkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya