Rabu 20 Juli 2022, 23:06 WIB

Lima Penyakit yang tidak Menular

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Lima Penyakit yang tidak Menular

Antara/Aditya Pradana Putra.
Ilustrasi.

 

BERDASARKAN data dari WHO pada 2018 diperkirakan ada sekitar 41 juta orang yang meninggal akibat penyakit tidak menular setiap tahun. Jumlah ini menunjukan bahwa hampir 71% angka kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya 1,4 juta masyarakat Indonesia meninggal tiap tahun disebabkan oleh penyakit tidak menular. Lalu, apa saja penyakit tidak menular.

Pengertian penyakit tidak menular

Secara etimologi, penyakit tidak menular berarti penyakit yang tidak bisa ditularkan kepada orang lain. Artinya, jenis penyakit ini berkembang dalam tubuh tanpa ada pengaruh dari pengidap lain.

Baca juga: Mengetahui Arti, Dampak, dan Gaya Hidup Hedonisme 

Berbeda dengan penyakit menular, yang disebabkan oleh penularan virus atau bakteri, penyakit tidak menular memang berkembang secara mandiri dalam tubuh pengidap. 

Jenis penyakit tidak menular

Penyakit tidak menular memiliki jenis yang banyak. Namun, ada beberapa jenis penyakit yang sangat mematikan dan menyebabkan angka kematian yang paling tinggi.

1. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula tinggi. Diabetes bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi gula dan lemak. Selain itu penyakit tersebut disebabkan oleh kurang aktivitas tubuh.

Internasional Diabetes federation, menetapkan bahwa terdapat 6,7 juta kematian akibat diabetes di dunia pada 2021. Indonesia berada di peringkat ke-6 dengan total kematian 236.711

2. Penyakit kardiovaskular

Itu merupakan sekelompok penyakit pada jantung dan pembuluh darah. Jenis penyakit ini merupakan kategori penyakit kronis penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyebab dari penyakit pada jantung dan pembuluh darah ialah tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyempitan pembuluh darah.

3. Kanker

Kanker merupakan penyakit nomor dua tertinggi yang menyebabkan kematian, setelah penyakit kardiovaskular. Kanker pada umumnya disebabkan oleh pertumbuhan sel secara abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh.

4. Gangguan pernapasan kronis

Gangguan pernapasan merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem respirator. Biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok (aktif dan pasif) dan paparan polusi yang masuk kedalam tubuh. Gangguan pernapasan pada umumnya berupa asma, hipertensi pulmonal, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

5. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal dibagi menjadi dua jenis, penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal akut. WHO memperkirakan ada 5-10 juta orang yang meninggal akibat penyakit ginjal di seluruh dunia setiap tahun. Penyakit ginjal pada umumnya disebabkan oleh infeksi saluran kemih, obesitas, jarang minum air, dan diabetes. Pengobatan penyakit ginjal dilakukan dengan pencucian darah secara rutin. (OL-14)

Baca Juga

Antara

BMKG Prediksi Hujan Deras di Sejumlah Wilayah Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 08:30 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia termasuk beberapa...
dok.humas UGM

Mahasiswa UGM Raih Juara 1 IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:57 WIB
TIM Reactics Chem-E Car, Reactic Janaka UGM juara pertama pada perlombaan IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022, di...
ANTARA/Agha Yuninda

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:43 WIB
Safrizal mengatakan penetapan level 1 di semua daerah berdasarkan pertimbangan para pakar. Kemudian mempertimbangkan kondisi faktual di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya