Rabu 20 Oktober 2021, 20:52 WIB

Kesthuri Sebut Kerajaan Arab Saudi Siap Terima Jemaah Umrah Indonesia

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kesthuri Sebut Kerajaan Arab Saudi Siap Terima Jemaah Umrah Indonesia

ANTARA/AMER HILABI
Jemaah umrah tiba di King Abdulaziz International Airport di Jeddah, Arab Saudil, Minggu (15/8/2021).

 

SEKRETARIS Jenderal Kesatuan Tour Travel Haji Umroh Republik Indonesia (Kesthuri) Artha Hanif mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi siap menerima jemaah umrah Indonesia.

Hanif menceritakan dirinya sempat mengikuti Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum Satu) dalam pertemuan tersebut juga terdapat Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia dan mendapatkan informasi bahwa Kerajaan Arab Saudi sudah sangat siap menerima umrah dari Indonesia.

Tetapi ada beberapa hal yang ditunggu oleh Kementerian Kesehatan agar melengkapi syarat yang perlu ditetapkan untuk para jamaah yang ingin berangkat. Dan syarat tersebut yang belum diketahui, karena pastinya Dubes Arab Saudi tidak mungkin menyampaikan pada Asosiasi travel yang swasta.

Baca jugaKetua MUI: Maknai Maulid Nabi untuk Menjaga 'Ukhuwah Wathaniyah'

"Tapi kita dikasih clue saja bahwa Kerajaan Arab Saudi sudah siap. Kalau Pemerintah Indonesia siap maka Pemerintah Saudi juga siap. Maka bersiaplah melaksanakan umrah dalam kondisi new normal (kenormalan baru)," kata Hanif kepada Media Indonesia, Rabu (20/10).

Sehingga rencana umrah masih belum ditentukan karena masih merancang segala upaya mitigasi. Ketika umrah sudah dibuka maka semua sudah siap tinggal berangkat dan tidak kalang kabut.

Menurutnya mungkin ada yang harus dipersiapkan oleh Kemenkes dan kemudian disampaikan kepada Kerajaan Arab Saudi. Yang pasti sesuatu yang ditunggu dari Kemenkes ini bisa menjadi satu ketentuan yang final bahwa Indonesia bisa berangkat umrah dan lainnya sudah tidak dipermasalahkan.

"Termasuk Arab Saudi juga tidak meminta yang berangkat harus tinggal 1x24 di Asrama Haji untuk skrining itu sebenarnya tidak ada, hal itu hanya inisiatif upaya pemerintah melakukan mitigasi persiapan berangkat umrah," ujarnya. (H-3)

Baca Juga

Antara/Muhamamd Bagus Khirunnas

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, ASN Diimbau Tidak Bepergian Selama Periode Nataru

👤M. Iqbal AL Machmudi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:13 WIB
"Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas terutama menjelang saat libur natal Hal ini dilakukan demi mencegah...
Dok. Pribadi

Akses Sanitasi Layak dan Air Bersih Terus Diupayakan Wujudkan Masyarakat Tangguh

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:28 WIB
Adanya pandemi Covid-19 juga semakin menunjukkan pentingnya sanitasi, kebersihan dan akses yang memadai ke air bersih untuk mencegah dan...
MI/Susanto.

Tingkatkan Kesiapan Daerah Antisipasi Lonjakan Mobilitas Warga saat Nataru

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:16 WIB
Kombinasi antara konsistensi pengawasan dari para pemangku kepentingan di setiap daerah dan disiplin masyarakat yang tinggi dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya