Minggu 26 September 2021, 11:00 WIB

BNPB Beri Pembekalan Relawan Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BNPB Beri Pembekalan Relawan Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura

ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA
Seniman Aku Badut Indonesia mengedukasi cuci tangan kepada siswa di SDN 03 Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/9/2021)

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan pembekalan kepada 110 relawan Protokol Kesehatan (prokes) yang akan bertugas di Kabupaten Jayapura.

"Para relawan tersebut mendapat pelatihan untuk melakukan penguatan protokol kesehatan jelang perhelatan PON XX di Papua," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya Minggu (26/9)

Sebelum bertugas, 110 relawan yang bergabung dari berbagai organisasi tersebut diberikan peningkatan kapasitas terkait protokol kesehatan dan pemanfaatan inaRISK sebagai instrumen pelaporan kegiatan, Sabtu (25/9).

Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia

"Materi-materi tersebut disampaikan oleh perwakilan dari BNPB, Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan covid-19, dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jayapura," sebutnya.

Relawan tersebut nantinya bertugas sebagai duta perubahan perilaku dengan membagikan masker kepada para atlet, pendamping, penonton, dan masyarakat di sekitar venue PON XX. Edukasi terkait protokol kesehatan juga akan disampaikan oleh para relawan. Hal ini dilakukan demi mencegah adanya lonjakan kasus covid-19 selama pertandingan berlangsung.

"Rencananya Minggu (26/9) para relawan akan bergerak turun langsung untuk membagikan masker kepada masyarakat melalui gerakan mobil masker," jelasnya.

Sebelumnya BNPB juga telah memberikan pembekalan kepada relawan protokol kesehatan yang ditugaskan di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Sebanyak kurang lebih 500 relawan diturunkan untuk penguatan protokol kesehatan selama PON XX Papua. (H-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Kemenkes Jajaki 3 Obat yang Dianggap Bisa Atasi Pandemi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:08 WIB
Obat-obat tersebut yakni Molnupiravir dari Merck, AT-527 dari Roche and Athea Pharmaceutical, dan Proxalutamide dari Suzhou Kintor...
Antara

Akhir Tahun, 80% Warga RI Ditargetkan Sudah Divaksin Covid-19 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:49 WIB
Kemenkes mengungkapkan per 18 Oktober 2021, Indonesia sudah mencapai 172 juta suntikan vaksin covid-19 atau hampir 52% dari target...
Antara/Irwansyah Putra

Luhut : 4 Provinsi Tercatat 0 Kasus Kematian, Vaksinasi Lansia Berperan 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:33 WIB
"DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Bali mencatat nol kematian. Provinsi lain di Jawa Bali hanya mencatat kurang 5 kematian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya