Senin 20 September 2021, 19:01 WIB

Anggaran DAU Rp19,4 Triliun Dinilai Cukup untuk Gaji Guru PPPK

Faustinus Nua | Humaniora
Anggaran DAU Rp19,4 Triliun Dinilai Cukup untuk Gaji Guru PPPK

MI/Servantinus
Sebanyak 1.319 Guru ikut Seleksi PPPK perebutkan 106 kursi di Labuanbajo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggar Kamis (16/9/2021)

 

PEMERINTAH memastikan bahwa anggaran gaji guru PPPK telah masuk ke dalam Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditransfer ke daerah. Anggaran itu sebesar Rp19,4 triliun dinilai cukup untuk memenuhi biaya gaji guru PPPK, sehingga daerah tidak perlu khawatir kekurangan anggaran.

"Itu sudah dikalkulasi oleh Kemenkeu terkait ketercukupannya," ungkap Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud-Ristek Praptono kepada Media Indonesia, Senin (20/9).

Baca juga: PeduliLindungi Diakses 50 Juta Kali per Hari

Menurutnya, gaji guru PPPK tetap ditanggung pemerintah pusat lantaran PPPK merupakan bagian dari ASN. Formasi PPPK diajukan daerah sesuai kebutuhan guru dan diangkat oleh pemerintah pusat setelah melakukan seleksi.

"Iya karena ASN, (setara) Golongan III A masa kerja 0 tahun," jelasnya terkait gaji dan tunjangan yang dapat diperoleh PPPK.

Kemendikbud-Ristek menyayangkan bahwa masih ada daerah yang tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk membantu para guru honorer. Sejumlah daerah masih khawatir terkait gaji tersebut." Memang diberikan kesempatan untuk mengajukan formasi sesuai kebutuhan," tandasnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/dokumentasi pribadi

PB Mathla’ul Anwar: Menag Harusnya Tidak Beri Pernyataan yang Buat Gaduh

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 19:39 WIB
KH.Embay Mulya Sarief menyarankan, agar Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama lebih berhati-hati dalam mengeluarkan...
MI/Ardi

Menkes: PCR Sudah Murah, Tak Ada Subsidi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 19:07 WIB
Budi bilang, harga tes PCR awal yang sebesar Rp900 ribu sudah tergolong murah bila dibandingkan dengan negara-negara...
Antara

Pemerintah Kaji Vaksin Booster untuk Masyarakat Umum

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 18:57 WIB
Sejauh ini, pemerintah masih memprioritaskan pemberian vaksin booster untuk lansia dan masyarakat dengan risiko tinggi, seperti mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya