Senin 20 September 2021, 18:45 WIB

PeduliLindungi Diakses 50 Juta Kali per Hari

Tri Subarkah | Humaniora
PeduliLindungi Diakses 50 Juta Kali per Hari

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Sejumlah ASN melakukan pemindaian kode batang sertifikat vaksinasi menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan memasuki kantor.

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa aplikasi PeduliLindungi sudah diakses sebanyak 50 juta kali lebih per hari. PeduliLindungi merupakan pilar pendukung protokol kesehatan berbasis teknologi informasi. Budi menyebut pihaknya terus berupaya untuk memasifkan penggunaan aplikasi tersebut.

"Jadi sehari sekarang PeduliLindungi sudah diakses lebih dari 50 juta kali, baik melalui aplikasi maupun melalui website," kata Budi dalam konferensi pers perkembangan PPKM yang digelar vitual melalui kanal Youtube Kementerian Perekonomian, Senin (20/9).

Penggunaan PeduliLindungi meningkat dibanding minggu lalu. Menurut Budi, pada minggu lalu ada sebanyak 8 juta barcode yang digunakan oleh seluruh Indonesia saat mengunjungi tempat-tempat publik dalam sehari. Sementara website PeduliLindungi dikunjungi lebih dari 40 juta sehari.

"Jadi contohnya kalau kita check-in, nanti sistem check-in airport akan langsung mencari datanya dari websitnenya PeduliLindungi. Kalau mau cek paspor vaksin, kita juga menggunakan website PeduliLindungi," jelasnya.

Sebagai platform digital yang baru diluncurkan kurang dari dua bulan, Budi mengakui bahwa PeduliLindungi telah terbukti mampu membangun penerapan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi. Kendati demikian, pihaknya juga mengakui masih banyak yang harus diperbaiki dari sistem tersebut. Perbaikan terhadap PeduliLindungi, lanjut Budi, mencakup sisi keamanan, performa, dan fungsi.

Baca juga: Luhut : PPKM Lanjut 2 Pekan, Jawa-Bali Nihil Berstatus Level 4

"Bapak Presiden juga sudah memberikan arahan agar kalau bisa aplikasi ini dikoneksikan, dihubungkan dengan aplikasi lain di luar negeri yang setara, agar memudahkan implementasi protokol kesehatan untuk lintas negara," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist/Youtube

Saat Pandemi Kesadaran Asuransi Naik, Prinsip Dasar Asuransi Perlu Dipahami

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:17 WIB
Ribuan korban jiwa melayang akibat pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat kembali mengkaji ulang cara pandang mereka terhadap...
MI/ADI KRISTIADI

Kemendikbud-Ristek Terus Berupaya Atasi Kedaruratan Guru

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:57 WIB
Kemendikbud-Ristek memberikan afirmasi 100 persen pada 2 kategori yakni guru honorer yang memiliki sertifikat pendidik dan guru honorer...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Pandemi tidak Surutkan Kerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:23 WIB
Sebagai nahkoda, Presiden Joko Widodo juga memberi arahan yang jelas dan tegas sebagai bekal menempuh krisis. Gas dan Rem, serta keberanian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya