Selasa 10 Agustus 2021, 19:34 WIB

Pemerintah Evaluasi PPKM di Luar Jawa-Bali Setiap Dua Pekan

Atalya Puspa | Humaniora
Pemerintah Evaluasi PPKM di Luar Jawa-Bali Setiap Dua Pekan

Antara
Petugas berjaga dalam operasi yustisi PPKM level 4 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

PERPANJANGAN kebijakan PPKM juga diterapkan untuk wilayah luar Jawa-Bali. Untuk di luar Jawa-Bali, pemerintah menetapkan PPKM level 4, 3 dan 2 yang berlaku selama dua pekan, yakni pada 10-23 Agustus 2021. 

Kebijakan ini bertujuan mengendalikan laju penyebaran covid-19. Mengingat, kondisi geografis di luar Jawa-Bali yang murni kepulauan dan berwilayah luas. Perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali tak terlepas dari peningkatan kasus aktif covid-19, tingkat kematian, jumlah testing dan populasi penduduk. 

Baca juga: Hingga Akhir 2021, Indonesia Akan Datangkan 240 Juta Dosis Vaksin Covid-19

“Keputusan berlanjutnya PPKM ini berdasarkan evaluasi hasil penerapan PPKM sebelumnya, serta situasi di lapangan. Beberapa waktu lalu, Presiden juga menyerukan respons cepat terhadap lonjakan kasus covid-19 di luar Jawa-Bali, yang menuntut kewaspadaan,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam keterangan resmi, Selasa (10/8).

Johnny menyebut kontribusi kasus aktif covid-19 di luar Jawa-Bali sekitar 46,5% dari total kasus aktif nasional. Sementara itu, wilayah Jawa-Bali berkontribusi 53,5% dari total kasus aktif. Terdapat 45 kabupaten/kota di 18 provinsi dengan risiko tertinggi covid-19, yang akan menerapkan PPKM level 4. 

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 Nasional Naik Menjadi 84,14%

Kemudian, PPKM level 3 berlaku di 302 kabupaten/kota dan PPKM level 2 berlaku di 39 kabupaten/lota. “Pemerintah terus berupaya mengendalikan pandemi di Indonesia. Penanganan wilayah luar Jawa-Bali tentu memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar. Mengingat, keluasan wilayah dan kelengkapan infrastruktur yang berbeda dengan Jawa-Bali," jelas Johnny. 

"Sinergi berbagai pihak harus tetap diperkuat. Termasuk, peran serta masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan. Begitu juga perluasan cakupan vaksinasi, serta peningkatan 3T, yang menjadi pilar utama pengendalian pandemi covid-19,” imbuhnya.

Terkait penerapan PPKM di tiap daerah, lanjut dia, acuan lebih lengkap tercantum dalam Instruksi Mendagri, yang diterbitkan pada 9 Agustus 2021. Pemerintah juga menetapkan beberapa perubahan peraturan PPKM level 3 dan 4 di wilayah luar Jawa-Bali.(OL-11)


 

Baca Juga

DOK Y20

Ekonomi Berbasis Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan Bisa Jadi Solusi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 18:44 WIB
Ekonomi sirkular berbasis produksi dan konsumsi...
Ist

Kemenkes Arab Saudi bersama Binawan Rekrut 220 Perawat Indonesia

👤Eni Kartinah 🕔Senin 23 Mei 2022, 18:35 WIB
Sebanyak 15 kandidat telah lolos wawancara daring batch 1 pada Maret 2022. Sebanyak15 perawat ini telah mendapatkan konfirmasi job offer...
Antara

Pemerintah Semakin Yakin RI Bisa Keluar dari Pandemi Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Senin 23 Mei 2022, 18:13 WIB
Kemenkes menyebut ada sejumlah tahap yang harus dilewati untuk bisa keluar dari pandemi covid-19. Rinciannya, fase seselerasi, terkendali,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya