Selasa 10 Agustus 2021, 18:10 WIB

Hingga Akhir 2021, Indonesia Akan Datangkan 240 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Depi Gunawan | Humaniora
Hingga Akhir 2021, Indonesia Akan Datangkan 240 Juta Dosis Vaksin Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

HINGGA akhir 2021, Indonesia akan mendatangkan hingga 240 juta dosis vaksin Covid-19. Pada Agustus ini Indonesia bakal menerima pasokan sebanyak 74 juta dosis.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat melaksanakan kunjungan ke Puskesmas Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (10/8). "Presiden dan Menteri Kesehatan menyampaikan, bahwa akan ada ketersediaan pada Agustus ini yakni 70 juta plus 4 juta (dosis vaksin), tapi yang 4 juta masih belum definitif. Sampai Desember nanti secara bertahap itu ada 240 juta," kata Moeldoko.

Dengan ratusan juta vaksin tersebut, pemerintah sudah menyiapkan berbagai macam strategi untuk mempercepat target vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia. "Pemerintah telah menyiapkan target-target, kepada TNI diberi jatah 500 ribu dosis, kepolisian 600 ribu, dan BKKBN, Pemda juga diberikan jatah," ucap Moeldoko.

Dia menyampaikan, dengan strategi seperti itu diharapkan target vaksinasi sampai sebanyak 1juta-5 juta orang per hari bisa tercapai. Akan tetapi, Moeldoko tidak menyebutkan secara rinci terkait perkembangan persentase vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia. "Perkembangan kedepannya, yang paling penting adalah vaksin akan cukup banyak nanti," ucapnya.

Lebih jauh, Moeldoko menyesalkan masih adanya masyarakat yang belum sepenuhnya percaya Covid-19 sehingga testing, tracing, dan treatment sering terkendala. Menurut dia, persoalan seperti itu harus segera diluruskan oleh tokoh agama supaya memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

"Tadi saya dengar ada sebagian kecil masyarakat yang masih belum percaya, sehingga saat ditesting ada yang takut, nanti di Covid-kan dan seterusnya," ungkap Moeldoko. (OL-15)

Baca Juga

AFP/CRISTIAN NISTOR

Orangtua Berperan Besar Bantu Anak Pahami Cara Bersosialisasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:45 WIB
"Ketika anak melihat ayah dan ibu bekerja sama sebagai pasangan, itu contoh sosialisasi yang luar biasa bagi...
eeyuva

Mencegah Stunting dengan Pelajari Asupan Gizi

👤Yakub Pryatama W 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:54 WIB
Melalui gadget dan internet, orangtua dapat dengan mudah mendapatkan informasi nilai gizi bahan pangan, sehingga bisa mengukur asupan gizi...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

2 Bibit Siklon Tropis Tumbuh di Utara Indonesia, Begini Dampaknya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:48 WIB
"Keberadaan 2 bibit siklon tropis di utara Indonesia tersebut secara umum hanya berdampak cukup signifikan terhadap kondisi gelombang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya