Kamis 06 Mei 2021, 18:05 WIB

Tidak Dapat Sembuh, Hipertensi Bisa Dikontrol Kurangi Risiko

Atalya Puspa | Humaniora
Tidak Dapat Sembuh, Hipertensi Bisa Dikontrol Kurangi Risiko

MI/Andri Widiyanto.
Para mahasiswa yang tergabung dalam Asian Medical Students Association Universitas Pelita Harapan sedang melayani cek tekanan darah gratis.

 

HIPERTENSI tergolong penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Jadi kalau seseorang tekanan darahnya sudah mencapai target bukan berarti dia sembuh, tapi terkontrol.

Kalau sudah terkontrol, diharapkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal akan menurun. "Yang penting kalau kita bisa mengontrol tekanan darah, risiko untuk terjadinya stroke dan kematian akibat stroke akan turun 30% sampai 40%,” ucap Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Erwinanto pada konferensi pers Hari Hipertensi Sedunia secara virtual, Kamis (6/5).

Upaya pemerintah untuk mengelola hipertensi di masyarakat dengan promosi kesehatan, deteksi dini, dan penanganan kasus. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Cut Putri Arainie mengatakan yang paling penting yakni mencegah faktor risiko.

 

"Begitu ada faktor risiko segera ubah perilaku, karena kalau sudah ada penyakit tidak menular, termasuk hipertensi, itu hanya bisa dikontrol sepanjang usia. Sepanjang itu juga dia harus patuh minum obat sesuai anjuran dokter," kata Cut.

 

Hari Hipertensi Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Mei. Tema Global Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2021 ini adalah Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, Live Longer. Indonesia mengadopsi dengan tema Cegah dan Kendalikan Hipertensi dengan Tepat untuk Hidup Sehat Lebih Lama.

Tema ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengendalian hipertensi yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Masyarakat diimbau melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri atau di fasilitas pelayanan kesehatan secara berkala minimal 1 bulan sekali.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular menyelenggarakan Gerakan Pengukuran Tekanan Darah Secara Mandiri selama Mei 2021 melalui website https://cegahhipertensi.top. Melalui website tersebut, seseorang dapat mengetahui kategori tekanan darah dengan menginput data tekanan darah sebelumnya. Tak hanya itu, di dalamnya juga berisi informasi dan edukasi terkait pencegahan dan pengendalian hipertensi. (OL-14)

Baca Juga

Dok. MUI

Halal Bihalal MUI, Merajut Ukhuwwah Untuk Bangun Ekonomi Umat

👤Mediaindonesia,com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 00:04 WIB
Ketua panitia Halal bi Halal MUI, Cholil Nafis, atau yang akrab disapa Kyai Cholil, mengatakan kegiatan itu diselenggarakan dalam...
Antara

29,5 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Telah Divaksinasi Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:57 WIB
Sebanyak 4.283.646 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Lalu 6.399.434 petugas publik dan 578.254 tenaga...
Antara

63,49% Anak Terproteksi Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:54 WIB
Pemerintah menargetkan 26.705.490 remaja usia 12 hingga 17 tahun menerima vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya