Selasa 06 April 2021, 19:14 WIB

Akses Vaksinasi untuk Lansia Semakin Dipermudah

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Akses Vaksinasi untuk Lansia Semakin Dipermudah

Antara
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19 kepada warga lansia.

 

PEMERINTAH pusat dan pemerintah daerah berupaya mengoptimalkan program vaksinasi covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia).

Vaksinasi bagi lansia bertujuan untuk menekan angka infeksi covid-19, berikut angka kematian akibat covid-19. Terlebih, kelompok lansia yang memiliki fatality rate tinggi terhadap paparan virus tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia menyebut saat ini ada sejumlah kemudahan untuk mengakselerasi dan membantu lansia mendapatkan akses vaksinasi. 

Baca juga: Pemerintah Perluas PPKM Mikro, Kasus Aktif Dinilai Berkurang

“Kini lansia bisa mendatangi pos pelayanan vaksinasi atau sentra vaksinasi, tanpa perlu keterangan domisili. Kita mengharapkan minimum 90% lansia sudah kita berikan vaksinasi dosis pertama di akhir Juni,” ujar Nadia dalam dialog virtual, Selasa (6/4).

“Kita sudah membuka begitu banyak sentra vaksinasi di puskesma maupun di beberapa pos layanan milik pemerintah," imbuhnya.

Akselerasi vaksinasi terhadap lansia memang diperlukan. Mengingat, tingkat partisipasi lansia dalam program vaksinasi covid-19 nasional baru sekitar 8,2%.

Baca juga: BMKG: Anomali Siklon Tropis Kian Mengkhawatirkan

Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari mengatakan ada beberapa faktor yang memengaruhi rendahnya tingkat partisipasi lansia. "Seperti, faktor ketakutan dan keraguan, yang selama ini menjadi faktor utama bagi lansia untuk mendatangi tempat vaksinasi,” papar Hindra.

Menurutnya, vaksinasi covid-19 sudah menyasar 145 juta orang di seluruh dunia dan dinyatakan tidak berbahaya. “Memang sudah ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dilaporkan. Namun, saya bisa pastikan, KIPI ini adalah reaksi alamiah yang wajar. Ini terjadi pada setiap imunisasi. Artinya, vaksin tersebut aman dan dapat diberikan bagi lansia,” jelasnya.(OL-11)
 

 

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Balai POM NTT Uji Sampel Takjil

👤PO/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:30 WIB
BALAI Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan uji terhadap puluhan sampel takjil untuk berbuka puasa,...
Dok. Ist

Bayar Zakat secara Digital Tetap Sah

👤Ant/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:25 WIB
ZAKAT adalah kewajiban untuk semua umat muslim yang punya kemampuan, berasal dari harta yang halal dan memiliki ukuran tertentu serta waktu...
MI/Seno

Mengenal Alam Mitsal

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Jumat 23 April 2021, 05:20 WIB
Kekuatan apa yang dimiliki Nabi sehingga bisa mendengarkan dan memahami sesuatu yang menurut orang lain itu wilayah alam gaib? Apakah hanya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya