Minggu 21 Februari 2021, 16:20 WIB

158 Ribu Jemaah Haji Masuk Daftar Prioritas Vaksinasi Covid

Zubaedah Hanum | Humaniora
158 Ribu Jemaah Haji Masuk Daftar Prioritas Vaksinasi Covid

AFP
Ilustrasi

 

JEMAAH haji yang telah melunasi biaya haji 1441H/2020M dan tertunda keberangkatannya karena pandemi telah didaftarkan dalam prioritas vaksinasi tahap kedua. Terkait hal ini, Kementerian Agama mengaku sudah memvalidasi nama 158 ribu jemaah haji reguler dan 14 ribu jemaah haji khusus, sedangkan jemaah lainnya masih dalam proses verifikasi ulang.

“Sudah ada 158 ribu update data jemaah yang sudah bisa diakses Kementerian Kesehatan untuk didaftarkan dalam usulan prioritas vaksinasi tahap kedua,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman seperti dilansir dari laman Kementerian Agama, Minggu (21/2).

Data jemaah haji tersebut secara bertahap sudah divalidasi oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan bisa diakses Kemenkes melalui Sistem Informasi dan Komputerasi Haji Terpadu (Siskohat) Kesehatan.

Selain jemaah reguler, Kemenag sudah memvalidasi 14 ribu jemaah haji khusus untuk didaftarkan dalam usulan prioritas vaksinasi tahap kedua. Kasubdit Siskohat Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hasan Affandi  menyampaikan, jumlah kuota jemaah haji khusus dalam penyelenggaraan ibadah haji berjumlah 17 ribu. Jadi, masih ada sekitar 3.000 data jemaah yang masih dalam proses verifikasi.

“Update data tersebut antara lain berupa Nomor Induk Kependudukan atau NIK, Nama, Nomor Porsi, dan alamat lengkap jemaah,” jelas Hasan.

Program Vaksinasi tahap II sudah bergulir sejak 17 Februari 2021. Program ini diperuntukan bagi petugas pelayanan umum dan lansia. Jemaah haji Indonesia juga banyak yang masuk kategori lansia. Pendaftaran vaksinasi bagi jemaah haji dilakukan sebagai langkah antisipasi jika Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk memberikan kuota jemaah haji 1442H kepada Indonesia.

Hal ini sejalan dengan surat Menag Yaqut Cholil Qoumas kepada Menteri Kesehatan pada 5 Januari 2021. Melalui surat tersebut, Menag menyampaikan permohonan dukungan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia. (H-2)

Baca Juga

Twitter

BPK Minta LPJ Keuangan Komnas Perempuan Terpisah dari Komnas HAM

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 14:05 WIB
BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta agar laporan keuangan Komisi Nasional Perempuan terpisah dari Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) untuk...
Istimewa

Kepala BPJPH Jawab Notifikasi WTO soal Regulasi Produk Halal

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 26 Februari 2021, 13:55 WIB
KEPALA Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Sukoso menjawab notifikasi World Trade Organization (WTO)...
Kemenag

Seleksi 23 Madrasah Aliyah Unggulan Dibuka, Perebutkan 2.883 Kursi

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 26 Februari 2021, 13:15 WIB
Seleksi berlangsung dua hari, 27 – 28 Februari 2021 dan berlangsung secara daring (dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya