Selasa 14 Maret 2023, 07:45 WIB

Drummer Burgerkill Sebut AI Bisa Bantu Pekerja Seni

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Drummer Burgerkill Sebut AI Bisa Bantu Pekerja Seni

Instagram @puputputceh
Drummer Burgerkill Putra Pra Ramadhan

 

DRUMMER band heavy metalcore asal Bandung, Burgerkill, Putra Pra Ramadhan beranggapan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) bisa sangat membantu dan memudahkan para pekerja seni dan industri kreatif.

Saat ini, sejumlah perusahaan saling berlomba mengembangkan kecerdasan buatan generatif yang didesain untuk memudahkan aktivitas manusia. Mereka menanamkan AI pada aplikasi, misalnya, menyediakan algoritma bawaan untuk menciptakan musik dengan mengacu gaya tertentu seperti sinematik modern, elektronika, jazz, pop, rock, hingga musik fantasi.

"Gue tahu, tuh (aplikasi kreator musik). Gue baru saja lihat itu dari YouTube beberapa waktu lalu dan, menurut gue itu keren, sih. Istilahnya kita bisa kolaborasi atau mempekerjakan musisi lain. Intinya bermusik jadi lebih gampang dengan kemajuan teknologi," kata Putra, dikutip Selasa (14/3).

Baca juga: Rektor UMB: Kecerdasan Buatan Jadi Pesaing Baru Manusia

Putra mengatakan ragam aplikasi dengan mengedepankan AI merupakan terobosan yang menyesuaikan dengan kondisi sosial sekaligus menjawab kebutuhan para penggunanya untuk bisa berkolaborasi secara virtual.

"Semisal, gue bukan seorang produser tetapi punya materi dan bisa menggambarkan lagu seperti apa yang ingin dibuat, maka gue hanya perlu memberikan benang merah dan memilih dengan siapa akan bekerja sama," jelasnya.

Lebih lanjut, Putra berpendapat penerapan AI dalam industri hiburan memang tidak bisa dimungkiri karena hal tersebut terkait erat dengan perkembangan tren.

Baca juga: Ini Cara Drummer Burgerkill Jaga Ketahanan Fisik

"Sebenarnya, di industri seni apapun selalu butuh tren karena itu yang membuat orang lain nggak bosan, selalu fresh. Tentu ada sisi plus-minus dari kemajuan teknologi. Tetap balik lagi ke tujuan pihak-pihak yang berada di ranah itu," pungkas drummer Burgerkill itu. (Ant/Z-1)

Baca Juga

Instagram @chikitameidy

Chikita Meidy Sebut Lagu Anak Indonesia Minim karena Kurang Wadah yang Mendukung

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 31 Maret 2023, 07:45 WIB
Chikita menyayangkan, saat ini, media televisi juga cenderung lebih banyak menayangkan hal-hal yang hanya berdasarkan...
Instagram missterryous_shahab

Penyanyi Berjulukan Queen Of Galau Terry Shahab Tebar Virus Kepiluan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Maret 2023, 20:25 WIB
Sejak awal kemunculannya di belantika musik Indonesia, dirinya selalu hadir dengan lagu-lagu yang sanggup membuat para pendengarnya...
Ist

Meiska Adinda Merilis Single Tak Berbentuk Lagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Maret 2023, 20:04 WIB
Meski masih tergolong baru di dunia musik, namun Meiska sudah punya banyak mimpi yang suatu hari ingin ia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya