Kamis 10 Maret 2022, 12:45 WIB

Bulan Sutena, dari Iseng di Tiktok Hingga Direkrut Label Rekaman

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Bulan Sutena, dari Iseng di Tiktok Hingga Direkrut Label Rekaman

Instagram @bulansutena
Bulan Sutena

 

NAMA Bulan Sutena mulai dikenal di jagad maya sejak kemunculannya membawakan ulang lagu Terpesona dengan suara yang lembut. Sejak saat itu, dia pun menggunakan platform digital seperti TikTok sebagai wadah kreatifnya.

Berkat perkembangan teknologi dan era digital belakangan ini, banyak musisi profesional hingga pendatang baru mulai merambah ke TikTok untuk menunjukkan karya mereka ke audiens yang lebih luas. 

Sebagai platform video singkat, TikTok menjadi wadah kreatif bagi para musisi dan kreator musik untuk menghadirkan kreativitas mereka di bidang musik.

Baca juga: Lagu Kolaborasi Once akan Hadir dalam Bentuk NFT

Bulan sendiri secara konsisten menyajikan cover lagu populer, yang dibagikan melalui akun TikTok personalnya @bulansutena. 

Berkat ciri khas vokalnya yang lembut, ia semakin dikenal masyarakat Indonesia secara luas hingga berhasil menjadi salah satu nominasi Viral Song of The Year di acara penghargaan TikTok Awards Indonesia 2021, yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Bulan bergabung dengan TikTok sejak awal pandemi pada 2020 setelah menyadari ada banyak kreator musik yang terus menghadirkan karya yang beragam. Hal itu mendorong dirinya untuk ikut menunjukkan skill bernyanyi yang ia pelajari secara otodidak melalui akun pribadinya.

Saat itu, Bulan mengunggah konten cover Terpesona yang sedang populer di kalangan pengguna TikTok. Seketika, keisengannya mendapat hasil yang luar biasa dan banyak kreator lain menggunakan lagu Terpesona  versi Bulan sebagai backsound konten video mereka.

"Jujur, aku sangat kaget akan tanggapan positif yang diberikan  komunitas TikTok. Pencapaian ini membuat aku merasa sangat bangga saat mendengar cover lagu Terpesona versiku digunakan banyak kreator konten di TikTok," ujar Bulan dalam bincang-bincang virtual bersama TikTok, Rabu (9/3).

Berkat dukungan dan apresiasi yang terus diberikan para pengguna, Bulan akhirnya semakin percaya diri untuk menjadi kreator musik aktif dengan fokus konten cover lagu versi akustik sebagai ciri khasnya. 

Kini, Bulan telah memiliki lebih dari 6,4 juta pengikut di TikTok.

Demi terus menghasilkan konten yang berkualitas, Bulan secara aktif melihat kolom komentar demi mendapatkan ide-ide segar dari para pengikutnya. Tidak jarang, kebanyakan konten Bulan terinspirasi dari masukan komunitas TikTok seperti lagu Adu Mamae, yang liriknya diubah menjadi, "Adu Mamae, ada cowok berbaju cokelat", sesuai permintaan salah satu pengikutnya.

Berbagai masukan dari para penggemarnya juga menjadi kesempatan baginya untuk terus mengembangkan diri sebagai musisi. Untuk memberi apresiasi kepada para penggemar atas dukungan yang terus diberikan, Bulan secara aktif membangun interaksi lewat berbagai cara menarik.

Berkat konsistensinya dalam menghadirkan konten berkualitas di TikTok, Bulan mendapatkan banyak kesempatan untuk tampil di audiens yang lebih luas. Ia kerap diundang menjadi bintang tamu di berbagai program televisi nasional dan acara talk show di berbagai platform digital.

Bulan juga berkesempatan menyanyikan lagu Adu Mamae secara langsung di depan figur publik seperti Baim Wong. 

Pada tahun ini, Bulan juga akan bergabung dengan management dan juga label musik, Legacy Indonesia.

"Didukung oleh orisinalitas dan kreativitas, serta basis pengguna di seluruh dunia, kekuatan platform TikTok memungkinkan musisi berikut karyanya untuk dapat ditemukan oleh komunitas TikTok. Penemuan ini juga memungkinkan musisi untuk dapat ditemukan dan sukses di luar platform," kata Content Growth and Operations Lead TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama.

Pencapaian Bulan sebagai nomine Viral Song of The Year di TikTok Awards Indonesia 2021 terus memotivasi Bulan untuk lebih semangat dalam mengembangkan karyanya dan terus menginspirasi para pengguna TikTok untuk berkreasi melalui konten positif. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/BARY FATAHILAH

Musisi Addie MS: Upacara HUT RI Era Jokowi Gelaran Paling Seru dan Meriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 13:29 WIB
Musisi Addie MS menilai upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan dalam rangka HUT RI di Istana Kepresidenan pada era Presiden...
ANTARA/Instagram @hagaipakan

Reza Rahadian Hadir di Istana Negara Bak Pangeran Jawa

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:34 WIB
"Raden Mas di Istana. Reza berbalut busana khas pangeran Jawa karya @kratonworld dengan sentuhan bros @tuloladesigns, merayakan hari...
AFP/ANGELA WEISS

Menikah Muda, Hailey Bieber Mengaku Terus Belajar

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:31 WIB
Hailey merupakan istri dari penyanyi Justin Bieber. Mereka menikah pada 2018 di usia yang relatif muda. Hailey, ketika itu, masih berusia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya