Selasa 16 Agustus 2022, 11:41 WIB

Presiden Jokowi : Indonesia Negara yang Berhasil

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Jokowi : Indonesia Negara yang Berhasil

dok.Setpres
Presiden Joko Widodo bersiap menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan di Gedung MPR/DPR, Selasa (16/8/2022)

 

DI tengah-tengah tantangan berat global, mulai dari pandemi covid-19 hingga perang antara Ukraina dan Rusia, Indonesia mampu menunjukkan kinerja yang apik, baik dari segi penanganan kesehatan hingga pertumbuhan ekonomi.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2022 di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8).

"Kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," ujar Jokowi sapaan Presiden RI.

Dari aspek ekonomi, pemerintah juga bisa mengendalikan inflasi di level 4,9%. Angka itu jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%. Jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%.

Selain mampu menjaga tingkat inflasi, pemerintah juga berhasil mengamankan APBN 2022. Sampai pertengahan 2022, kepala negara menyebut APBN surplus Rp106 triliun.

"Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan Listrik, sebesar Rp502 triliun di tahun ini. Dengan begitu, harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi," ujar Jokowi.

Kemudian, ekonomi juga berhasil tumbuh positif di 5,44% pada kuartal kedua 2022. Neraca perdagangan pun surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester pertama tahun ini, total surplus neraca dagang mencapai Rp364 triliun.

"Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hatihati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju," ucapnya.

"Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, dalam menghadapi semua tantangan yang melanda seluruh dunia, Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Data Ekonomi Mencemaskan Bank Sentral Tiongkok Pangkas Suku Bunga Bank

Baca Juga

MI/Moat Angga

Sah, Pengawasan Koperasi Simpan Pinjam Tidak Dibawah OJK

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 00:09 WIB
Kemenkop akan mengajukan RUU Koperasi yang salah satu poinnya adalah pembentukan Otoritas Pengawas...
Antara

Pemerintah Siapkan Program B35 untuk Tangkal Krisis Energi

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:54 WIB
Airlangga menyebut cara tersebut bisa mengurangi jumlah impor minyak mentah untuk penyediaan bahan bakar minyak jenis...
Ilustrasi

2.109 Debitur Ikut Program Keringanan Utang Pemerintah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:48 WIB
Kriteria untuk bisa mengikuti program keringanan utang tersebut yakni apabila kepengurusan piutangnya telah diserahkan kepada Panitia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya